' Ratusan P3N Indramayu Ikuti Pembinaan Intensif - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Ratusan P3N Indramayu Ikuti Pembinaan Intensif

Ratusan P3N Indramayu Ikuti Pembinaan Intensif

Written By lingkar jabar on Wednesday, April 24, 2013 | 10:48 AM





INDRAMAYU(LJ) – 456 Pembantu Pegawai Pencatat Nikah(P3N)di Kabupaten Indramayu ikuti pembinaan rutin tahunan yang diselenggarakan Kemenag Indramayu melalui Seksi Bimibingan Masyarakat Islam berlangsung sejak 22 april sampai 2 Mei 2013 difokuskan disepuluh tempat pertemuan, hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian Kemenag terhadap kinerja P3N agar mampu melaksakan tugas sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, disamping itu pula upaya dalam memberikan pembinaan administrasi pencatatn nikah adalah hal yang terpenting dalam pembinaan itu termasuk memberikan informasi terkini terkait persoalan biaya pencatatn nikah yang tempo hari sempat ramai dibicarakan akibat adanya edaran Irjen Kemenag RI “ Kegiatan pembinaan ini rutin dilakukan dalam memberikan pencerahan terhadap P3N di Kabupaten Indramayu, dimana saat ini keberadaanya ditengah tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan, banyak sekali persoalan yang dihadapi dan butuh bimbingan, agar eksistensinya sebagai bagian dari Kementerian Agama dapat terpantau secara langsung maka hal itu sanagtlah penting dilakukan.” Ungkap Drs. H. Rahmat Wijaya,SH.MH Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Indramayu, Senin,(22/4) kemarin.dihadapan peserta rapat.

Dikatakan Rahmat tugas Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) yang berada di desa harus mampu memposisikan diri sebagai pemberi solusi yang sedang dihadapi masyarakat baik itu urusan pernikahan, talak, rujuk bahkan sekarang fungsi tambahannya seperti pemberdayaan zakat, bimbingan manasik haji, antisipasi dan cakap darurat terhadap aliran sesat, termasuk inventarisasi wakaf dan kemakmuran masjid. Pihaknya berharap kegiatan pembinaan ini dapat dijadikan muhasabah dan pembelajaran bagi seluruh P3N untuk selalu dan mampu melaksanakan tugas sesuai ketentuan undang undang dan hukum syariah.

 “ Motto ikhlash beramal harus tetap tertanam dalam pengabdian kita kepada masyarakat dan bias dipastikan keberkahan akan bersama sama kita, oleh karena itu sebagai P3N harus mampu mewarnai kegiatan keagamaan ditengah tengah masyarakat desa.” paparnya.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi P3N Kabupaten Indramayu, Ihsan Mahfudz menyampaikan pesan moral kepada seluruh P3N agar waspada dalam melaksanakan tugas pencatatan nikah sehubungan masih ditengarai oknum P3N yang memanfaatkan kesempatan dengan jabatannya tanpa berfikir panjang hingga berakibat yang bersangkutan harus berhadapan dengan hukum, hal itu menjadi catatan penting dalam pembinaan. “ Jangan sampai P3N karena berhadapan dengan masyarakat sehingga melakukan langkah konyol seperti pembohongan status catin, kasus akte cerai palsu yang masih juga dilakukan termasuk pungutan biaya nikah diatas batas kewajaran, saya juga berharap Kemenag RI segera membuat regulasi PP baru yang bisa memastikan biaya pencatatan, sehingga langkah yang dilakukan P3N dilapangan secara legal formal. “ Pintanya.

Hadir pada acara tersebut Kepala KUA Sliyeg H Maulani, Msy, Kepala KUA Kedokan Bunder H. Masyhadi, Kepala KUA Balongan Drs. Burhanudin Hidayat serta Ketua Umum Asosiasi P3N kabupaten Indramayu Ihsan Mahfudz .(IHSAN)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger