' Posdaya Sumber Inspirasi dan Motivasi Kemandirian Keluarga. - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Posdaya Sumber Inspirasi dan Motivasi Kemandirian Keluarga.

Posdaya Sumber Inspirasi dan Motivasi Kemandirian Keluarga.

Written By lingkar jabar on Wednesday, April 17, 2013 | 9:43 AM





INDRAMAYU (LJ)  -  Posdaya merupakan forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, informasi, edukasi dan sekaligus bisa dikembangkan menjadi wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu.
Dalam hal-hal tertentu bisa juga menjadi wadah pelayanan keluarga terpadu, yaitu pelayanan pengembangan keluarga secara berkelanjutan, dalam berbagai bidang utamanya agama, pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan lingkungan hidup. Oleh karena itu  sebagai wadah koordinasi masyarakat yang dapat mendorong terbentuknya masyarakat madani yang mandiri, kreatif dan inovatif yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, maka posdaya merupakan sebuah hal yang terpenting dari adanya perubahan pola pikir (mind set), yaitu menjadikan masyarakat yang kreatif dan dinamis.
Posdaya merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, agar mampu mendorong peran dan minat masyarakat  sebagai salah satu cara untuk mengatasi kebutuhan dan masalah secara mandiri. Inisiasi yang tumbuh dari masyarakat dan dengan arahan serta fasilitasi dari pemerintah agar dapat dipastikan memberikan kontribusi yang besar terhadap pemenuhan kebutuhan dan pemecahan masalah yang terjadi ditengah tengah kehidupan yang dimulai dari kemandirian keluarga, kelompok sampai pada tingkat komunitas yang lebih besar lagi,”
Demikian yang disampaikan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah saat  membuka launching Pos Pemberdayaan dan Kemandirian Keluarga (Posdaya) Kabupaten Indramayu, Selasa (16/4) di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra Indramayu, Acara ini ditandai dengan pemukulan kentongan yang dilakukan oleh Bupati Indramayu.didampingi Ketua Yayasan Damandiri dan DNIKS Prof. Dr. Haryono Suyono,MA.Phd,
Dikatakan Anna, lembaga Posdya merupakan lembaga yang bermanfaat dari, untuk dan kepada masyarakat, pemerintah hanya memfasilitasi saja. oleh karena itu bupati berharap laounching dan pembentukan Posdaya ini bukan tujuan dan akhir kegiatan, melainkan sebagai langkah awal untuk pemberdayaan masyarakat. “ Sebagai masyarakat Indramayu berkewajiban memiliki lembaga ini, karena Posdaya diarahkan dapat mendukung penyegaran fungsi keluarga, yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi ,kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Sehingga pemenuhan fungsi-fungsi ini pada hakekatnya bermuara pada tujuan dan sasaran pembangunan abad millenium atau millenium development goals (MDGs) yang ditetapkan sebagai program pembangunan di Indonesia.
Bupati berharap pencanangan 1000 Posdaya yang tersebar di Kabupaten Indramayu dapat memperkuat dalam mewujudkan nilai-nilai kekeluargaan dan kemandirian keluarga. Sehingga masyarakat menjadi berdaya, mandiri dan sejahtera, bukan masyarakat yang selalu tergantung pada bantuan pemerintah, karena bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat tidak bisa berlangsung terus-menerus, tapi diharapkan masyarakat segera mampu hidup mandiri berkat lahirnya lembaga ini.
Usai  launching di Pendopo Indramayu, Bupati Indramayu bersama Ketua Yayasan Damandiri dan DNIKS Prof. Dr. Haryono Suyono,MA.Phd,  Muspida, beserta rombongan meninjau lokasi Posdaya Jaka Kencana di Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu dan Posdaya Mulia Asri Desa Sukareja Kecamatan Balongan. (IHSAN)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger