' Pansus LKPJ DPRD Jabar Soroti IPM - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pansus LKPJ DPRD Jabar Soroti IPM

Pansus LKPJ DPRD Jabar Soroti IPM

Written By lingkar jabar on Friday, April 5, 2013 | 11:04 AM





 Bandung (LJ) Meskipun diakui ada kemajuan, tetapi selama lima tahun masa jabatan pasangan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan - Dede Yusuf, target pencapaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) ternyata tidak dapat terpenuhi. Pasangan Gubernur Jabar yang akan berakhir pada tanggal 13 April 2013 ini, tidak mampu memenuhi target untuk menaikan angka IPM Jawa Barat sebagaimana dijanjikan dalam visi-misi mereka yang ditetapkan menjadi Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) 2008-2013.
    Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jabar terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2012 dan LKPJ akhir masa jabatan Gubernur,  menemukan masih ada visi-misi pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) yang belum tercapai. Visi-misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2008-2013 itu, berungkali dibahas oleh Pansus dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
    Anggota Pansus LPKJ Gubenur, Sukmana  mengatakan,RPJMD yang tidak mencapai target yaitu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), selama kepemimpinan HADE hampir lima tahun ini, kenaikan IPM tiap tahunnya hanya berkisar 0,5 poin. Hal ini jauh dari yang ditargetkan yaitu sebesar 1 poin tiap tahunnya,jelasnya kepada wartawan di gedung dewan jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung kemarin.

    Menurut legislator muda F-PAN ini, sektor IPM yang tidak mencapai target itu yakni sektor pendidikan dan daya beli masyarakat.Memang betul, ada peningkatan kenaikan IPM, tapi dari tahun ke tahun tidak pernah mencapai target. Untuk program pengetasan kemiskinan, pihak Pemprov mengklaim telah berhasil, tapi nyatanya, angka kemiskinan masih cukup besar,tegas wakil rakyat daerah pemilihan Cianjur ini.
    Ditambahkannya ini artinya, penanggulangan kemiskinan tidak mengalami kemajuan yang signifikan. Sehingga kurang bijak kalau Pemprov dalam hal ini Gubernur, mengklaim telah berhasil mengentaskan kemiskinan.Namun,  target politis penyerapan satu juta lapangan pekerjaan memang sudah tercapai dalam waktu dua tahun. Lebih lanjut dikatakan, untuk sektor Infrastruktur, kepemimpinan HADE telah berhasil meningkatkan jalur jalan Jabar bagian Selatan.
    Mulai dari Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi sampai Pangandaran di Kabupaten Ciamis, kini jalurnya sudah tersambung dan kondisi jalan sudah cukup baik. Hendaknya, kondisi jalan yang sudah cukup baik ini, tentunya tinggal pemeliharaan saja, bila perlu ditingkatkan lagi,katanya.
   Terkait hasil kajian Pansus, ke depan Fraksi PAN memberikan beberapa catatan kepada Ahmad Heryawan selaku Gubernur terpilih priode 2013-2018. Diantaranya, hendaknya harus lebih mengabdikan diri demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.
   Selain itu, janji politik selama kampenye, harus benar–benar dapat diwujudkan, seperti sektor pendidikan, sekolah gratis sampai tingkat SLTA. Juga soal jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.Jangan sampai ada persoalan masyarakat kurang mampu saat berobat di rumah sakit, ditolak karena tidak punya biaya,tandas Sukmana.(fas)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger