' PAKCOY DIHARAPKAN BISA JADI ICON INDRAMAYU - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » PAKCOY DIHARAPKAN BISA JADI ICON INDRAMAYU

PAKCOY DIHARAPKAN BISA JADI ICON INDRAMAYU

Written By lingkar jabar on Thursday, April 4, 2013 | 12:13 PM





INDRAMAYU (LJ), Agrobisnis dikalangan masyarakat petani atau kalangan pengusaha yang bergerak dibigang pertanian memang sangat menjanjikan, seperti halnya tanaman Holtikultara lainnya pakcoy nampaknya cukup lumayan untuk tambahan penghasilan.
Berawal dari uji coba yang dilakukan komunitas petani holtikultura yang tergabung dalam  Koperasi Petani Holtikultura Indramayu (KPHI), ternyata tanaman yang sejenis sawi atau cesin ini sangat potensial untuk dikembangkan.
Padahal sebagaimana halayak pada umumnya, tanaman holtikultura sejenis sayur-sayuran dapat tumbuh dan berkembang di dataran tinggi dengan suhu rendah, akan tetapi daerah Indramayu yang merupakan dataran rendah dengan suhu cukup lumayan panas cocok pula untuk tanaman jenis tersebut.
Ketua KPHI, Sutrisno ketika ditemui dikediamannya (31/03) didampingi  Andi Kusnanto, selaku manager klinik pertanian, mengatakan, Indramayu meski berada didataran rendah tepatnya di wilayah Pantai Utara (Pantura) ternyata cocok untuk tanaman jenis sayur-sayuran yang umum ditanam di dataran tinggi yakni Lembang, Jabar, seperti kol, bunga kol, brokoli dan lainnya.
Dan yang sekarang ini sedang KPHI galakan yakni Pakcoy, karena selain masa tanamnya relatif singkat harganyapun cukup lumayan bahkan bisa mencapai belasan ribu per kilogramnya. Tanaman yang dikomsumsi untuk  lalab segar ini dikenal dikalangan petani sejak tahun 2008an dan mulai dikembangkan sejak 2010an ini  bisa menghasilkan 1 ton perhari untuk luasan satu hektar dengan interval panen 300 meter persegi per hari selama 30 hari, terangnya.
Senada yang dikatan Andi,  budidaya tanaman pakcoy  sebetulnya tidak begitu sulit karena selain dilakukan diareal sawah  dapat pula  dilakukan disekitar halaman rumah asalkan dapat mimiliki penyinaran yang cukup minimalnya 5 jam perhari, dan selain menggunakan pupuk organik untuk tanaman yang menggunakan pupuk konfensional dengan takaran yang cukup hasilnya akan lebih baik, karena selain berdaun lebar batangnyapun lebih besar sehingga menambah bobot,  imbuhnya.
Mereka berharap untuk kedepan pakcoy jika dibudidayakan secara kontinyu akan dapat dijadikan icon Indramayu bidang holtikultura, selain mangganya. Dan hal itu butuh dukungan dari pihak pemerintah setempat melalui institusi terkait, bahkan jika holtikulktura benar-benar berkembang tidak menutup kemungkinan Indramayu menjadi Lembangnya Jawa Barat, ujar mereka mengakhiri pembicaraan. ROB/IHS  

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger