' Moratorium Pemekaran Bukan Ganjalan Pembentukan Propinsi Cirebon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Moratorium Pemekaran Bukan Ganjalan Pembentukan Propinsi Cirebon

Moratorium Pemekaran Bukan Ganjalan Pembentukan Propinsi Cirebon

Written By lingkar jabar on Wednesday, April 3, 2013 | 11:55 AM



INDRAMAYU(LJ) - Sejak bergulirnya reformasi ditanah air dan seiring dengan lahirnya Undang Undang 32 Tahun 2004  tentang Pemerintahan Daerah, melalui amanat peraturan tersebut bermunculan ide dan gagasan dari berbagai daerah untuk dilakukan pemekaran karena tidak sesuai dengan kondisi daerah masing masing sebagai bagian dari implementasi dan tuntutan otonomi daerah.
Sementara itu moratorium atau menghentikan sementara pemekaran daerah yang diberlakukan sampai ahir 2012 kemarin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tidak berpengaruh terhadap upaya keras Panitia Persiapan Pembentukan Propinsi Cirebon(P3C) karena dinilai moratorium tidak mengatur pada substansi  Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007, sehingga dalam waktu 8 bulan kedepan P3C dituntut untuk segera menyelesaikan seluruh administrasi terkait pembentukan Propinsi Cirebon.
“ Dukungan Pembentukan Propinsi Cirebon sudah 90% yang ada diwilayah Ciayumajakuning, maka tidak menjadi kendala adanya moratorium kemudian P3C terganjal, dan kami optimis 2014 bisa terwujud.” Ungkap Nana Sudiana,M.Pd Ketua Umum P3C saat dikonfirmasi Lingkar Jabar, Selasa(2/3) kemarin diruang kerjanya.
Ia juga menambahkan yang menjadi substansi pembentukan propinsi Cirebon itu adalah kurangnya perhatian pemprov terhadap peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat Ciayumajakuning yang termarjinalkan, potensi sumber daya alam yang dimiliki belum mampu memberikan warnna tersendiri bahkan sangat jauh dengan daerah daerah yang lain sehingga dari ketimpangan yang dirasakan masyarakat Ciayumajakuning yang tergabung dalam P3C harus mampu mewujudkan harapan itu sebagai bentuk keprihatinan.
“ Kondisi yang dapat dirasakan sekarang adalah Ciayumajakuning memiliki potensi yang besar baik sector pertambangan, kelautan maupun pariwisata dan yang lainya namun hal itu belum dirasakan maksimal manfaatnya, oleh karena itu jika Propinsi Cirebon dapat terbentuk  maka dipastikan kita punya kilang pertamina, hamparan asset kelautan dan sumber daya alam lainya mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakjat menaik dan kemiskinan menurun, karena anggaran yang kita dapat dari berbagai sector itu utuh.” Paparnya.
Nana berharap Pemerintah pusat dan daerah agar segera mengambil langkah langkah strategis dalam mendukung terwujudnya Propinsi Cirebon sebagai bagian dari langkah kemandirian masyarakat ciayumajakuning yang lebih sejahtera.
Terkait siapakah yang bakal memimpin Propinsi Cirebon nanti,  ia menjelaskan pemimpin yang peduli dan berpotensi besar untuk terwujudnya Propinsi Cirebon serta membangun masyarakat Ciayumajakuning yang lebih baik. ***IHSAN/ SHOLEH
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger