' Keberhasilan DKP3 Kota Cirebon Dalam Membina Nelayan, Nelayan Cangkol Identik Dengan Nelayan Rumpon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Keberhasilan DKP3 Kota Cirebon Dalam Membina Nelayan, Nelayan Cangkol Identik Dengan Nelayan Rumpon

Keberhasilan DKP3 Kota Cirebon Dalam Membina Nelayan, Nelayan Cangkol Identik Dengan Nelayan Rumpon

Written By lingkar jabar on Thursday, April 18, 2013 | 11:23 AM





Cirebon (LJ) Rumpon  adalah suatu benda yang sengaja di pasang oleh manusia di perairan atau di laut yang berfungsi untuk mengumpulkan ikan sebelum di lakukan penangkapan atau pemancingan.Pemakaian rumpon untuk usaha perikanan sudah dilakukan oleh nelayan kita namun untuk kebutuhan pemancingan sebagai hobi atau sport masih jarang dilakukan,dengan bantuan rumpon kita akan lebih pasti untuk mendapatkan lokasi pemancingan yang ada ikannya.
“Kurangi dan hentikan kebiasaan berburu dan mulailah kebiasaan memanen ikan adalah kata kunci bagi nelayan rumpon”
Seperti yang selama ini dilakukan oleh para nelayan  Cangkol di pesisir Kota Cirebon telah menggunakan alat bantu penangkap ikan jenis rumpon ( Fish Aggregating Device ) FAD kurang lebih  11 tahun berjalan.seperti yang dituturkan pak Mulyadi salah satu nelayan dan sebagai sekertaris komunitas nelayan di pesisir cangkol bahwa sistem rumpon sangat menguntungkan bagi nelayan cangkol, dari segi pendapatan hasil penangkapan ikan lebih banyak dari pada waktu tidak memakai rumpon . Nelayan Cangkol  selama ini telah menjadi nelayan percontohan tingkat nasional untuk bidang rumpon dan telah mendapatkan penghargaan Mina Karya Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Peran DKP3 Kota Cirebon untuk Nelayan Rumpon                                                                                                                                 
 Terkait masalah pembinaan kepada para nelayan dalam hal ini DKP3 sangat memegang peranan untuk kemajuan yang telah diraih oleh nelayan cangkol selama ini.Bantuan yang diberikan oleh DKP3 adalah bantuan pembuatan rumpon dari bambu , mesin turbo dan GPS ujar mulyadi ,sementara suparman ketua komunitas nelayan cangkol mengatakan kami sangat berterima kasih kepada bapak Karsudin selaku kepala KUD Mina Karya Bahari Kota Cirebon,Dedi K Perjabat kabit perikanan ,dan dedi .s, kasie perikanan dan kelautan mereka saya anggap sebagai Bapak angkat bagi nelayan rumpon Cangkol Kota Cirebon mereka betul-betul turun ke lapangan dan  memberikan ilmu cara pembuatan, fungsi dan keuntungaan menangkap ikan dengan rumpon.           
 Sedangkan bantuan alat GPS atau kepanjangan dari Global Positioning system  dari DKP3 merupakan perangkat navigasi berbasis satelit. Dengan alat ini kita bisa mengetahui koordinat lintang bujur, arah dan kecepatan. GPS sangat bermanfaat untuk nelayan untuk mengetahui posisi saat di laut, menentukan rute perjalanan, menandai tempat-tempat penting: seperti tempat yang banyak ikan, tempat kapal karam, tempat yang dangkal dan sebagainya. Sehingga dengan GPS akan bisa menghemat BBM, karena rute bisa  ditentukan, sehingga kemungkinan untuk salah arah sangat kecil. [ Ags/al)



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger