' HASIL OPERASI BUNGA LODAYA 2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » HASIL OPERASI BUNGA LODAYA 2013

HASIL OPERASI BUNGA LODAYA 2013

Written By lingkar jabar on Monday, April 1, 2013 | 3:02 PM



Bandung (LJ) Dalam rangka melindungi masyarakat dari praktik penyelundupan dan perdagangan orang, Polda Jabar melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi “Bunga Lodaya-2013”. Operasi ini mengedepankan fungsi kepolisian Dit Reskrim Um sebagai pelaksana penegakan hukum yang didukung oleh kegiatan deteksi dini (fungsi Intelkam), Preemtif (Binmas), Preventif (Fungsi Sabhara, Brimob) disertai fungsi kepolisian lainnya sebagai satuan tugas bantuan operasi (Bidang Propam, Dit Lantas, Bid TI Polri, Bid Dokkes, dan Bid Humas) yang dilakukan secara stimulan, terpadu, dan tepat sasaran. Pelaksanaan operasi selama 10 (sepuluh) hari dari tanggal 18 Maret sampai dengan 27 Maret 2013.
 Adapun sasaran pelaksanaan Operasi Bunga Lodaya 2013 adalah :
Orang-perseorangan yang berperan sebagai :Penghimpun, penyalur, penampung, dan pengirim TKI yang tidak memiliki SIUP sebagai PPTKIS (Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta).Agen pengirim perempuan dengan kedok misi duta seni-dan atau duta budaya.
Biro jodoh yang memfasilitasi perjodohan antar perempuan Indonesia dengan pria Taiwan/China Taipe dll.Pemasangan iklan di media masa/internet yang menawarkan misi pertukaran pelajar atau misi kunjungan wisata/sosial budaya dengan tarif murah/tanpa biaya.
Calo yang bertindak seolah-olah penghulu untuk memfasilitasi kawin kontrak antara pria asing dengan perempuan Indonesia.Pengelola Panti atau Yayasan Sosial yang menghimpun anak-anak namun tanpa ijin dari Depsos.Pengelola rumah bersalin yang melayani persalinan gratis bagi warga kurang mampu (biasanya membujuk orang tua agar mau menjual bayinya dengan alasan akan diadopsi oleh keluarga kaya di luar negeri).
Pelaku. Aktor Intelektual. Kelompok/jaringan. Pemodal, Oknum Aparat.,Pengelola rumah bordir. Pengusaha bisnis hiburan. Calon TKI.
Badan Hukum.Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja /PJTKI,Badan hukum yang terindikasi melakukan penyelundupan / perdagangan orang.PPTKIS (Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta) yang melakukan penampungan terhadap CTKI namun fasilitas penampungan tidak sesuai ketentuan atau menampung anak di bawah umur.
Adapun hasil pelaksanaan Operasi Bunga Lodaya tahun 2013 Polda Jabar dan jajaran adalah sebagai berikut :Jumlah pengungkapan kasus, jenis dan TKP :  28 kasus
Jenis tindak pidana :Eksploitasi sex di bawah umur :6 kasus, Eksploitasi ekonomi di bawah umur : 4 kasus Perdagangan orang :17 kasus 
Jumlah tersangka : 67 orang,Jumlah TKP :28 TKP,Jumlah korban : 56 orang
Barang bukti :1 (satu) unit kendaraan R-4 merk Suzuki APV. 9 (sembilan) buah Handphone.Uang tunai sejumlah Rp. 2.500.000, 2 (dua) lembar Surat Kelahiran dari Rumah Sakit Cideres.
 Terhadap para tersangka dikenakan Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 12 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang     dengan ancaman hukuman minimal 3 (tiga) tahun penjara dan maksimal 15 (lima          belas) serta denda minimal Rp. 120.000.000,- dan maksimal Rp. 600.000.000,-//her.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger