' FORUM DAS CITARUM DIALOG DENGAN DPRD JABAR - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » FORUM DAS CITARUM DIALOG DENGAN DPRD JABAR

FORUM DAS CITARUM DIALOG DENGAN DPRD JABAR

Written By lingkar jabar on Monday, April 15, 2013 | 10:45 AM




Bandung (LJ)  Forum Daerah Alirsan Sungai Citarum melakukan dialog dengan Wakil Ketua dan Anggota Komisi A dan D DPRD Jabar di Bandung, Jumat, untuk meminta dukungan politik dari DPRD terhadap program yang sudah dirintis oleh FDAS Citarum.
  Ketua FDAS Citarum, Eka Santosa mengatakan,"Kami ingin DPRD Jabar juga ikut memprioritaskan gerakan Citarum bersih. Dukungan dari DPRD bukan hanya anggaran tapi kebijakan politik dengan mengoordinasikan seluruh pihak terkait. Bagimana 'political will' dari DPRD untuk mengatasi hal-hal krusial terkait kerusakan di hulu,ujarnya di gedung dewan jalan Diponegoro no 22 kota Bandung.
  Menurut Eka, program ini yang sudah didukung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ini adalah Go Citarum dengan Gerakan Citarum Bersih Tahun 2018 beberapa waktu lalu.
  Lebih lanjut di ungkapkannya beberapa permasalahan DAS Citarum adalah mengubah tabiat masyarakat yang membuang limbah rumah tangga ke sungai Citarum, lalu para peternak sapi yang membuang kotorannya ke sungai, hingga pabrik-pabrik yang membuang limbahnya langsung ke Citarum tanpa elalui proses intalasi pengolahan air limbah (IPAL).
  Tentunya jika Citarum tidak dibenahi akan mencoreng peradaban di Jabar, termasuk mencoreng pemerintah," katanya.Walaupun sudah melakukan dialog dengan DPRD Jabar pihaknya sedikit kecewa kepada anggota DPRD dalam pertemuan tersebut karena bukan memberikan solusi tapi malah curhat kondisi DAS Citarum.
  Ini malah mereka meminta kita yang bergerak, menegur masyarakat, dan memperkarakan pihak yang telah mencemari sungai Citarum. Seharusnya DPRD memberikan alternatif dan solusi terkait program Citarum Bersih.
  Sementara itu pemimpin pertemuan yang juga Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Uu Rukmana mengatakan pihaknya menyambut baik FDAS Citarum termasuk program-program yang sudah dan akan dilaksanakannya.
  Selain itu, kata politisi dari Fraksi Partai Golkar ini, DPRD Jawa Barat juga siap membantu anggaran untuk merevitasliasi sungai Citarum."Kita juga nanti akan mengundang para bupati dan wali kota di Jabar yang daerahnya teralirisi sungai Citarum. Ada sekitar 11 kabupaten/kota," katanya.
  Dalam pertemuan tersebut, lanjut dia, DPRD jawa Barat akan membahas bersama mereka penanganan Citarum dan mencari solusinya yang disinergikan dengan program FDAS Citarum.(fer)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger