' Dibutuhkan Dana Rp. 400 Milyar Untuk Perbaiki Jalan di Kabupaten Cianjur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dibutuhkan Dana Rp. 400 Milyar Untuk Perbaiki Jalan di Kabupaten Cianjur

Dibutuhkan Dana Rp. 400 Milyar Untuk Perbaiki Jalan di Kabupaten Cianjur

Written By lingkar jabar on Thursday, April 4, 2013 | 12:14 PM




CIANJUR-LJ-Dibutuhkan dana sebesar Rp.200 milyar – Rp. 400 milyar, untuk perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten Cianjur agar menjadi bagus.
Karena keterbatasan anggaran, dana sebesar itu yang dialokasikan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni, sulit direalisasikan, sehingga tingkat kerusakan jalan di Kabupaten Cianjur masih terbilang tinggi.
Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Cianjur, Athe Adha Kusdinan kepada LINGKARJABAR mengaku, di tahun 2013 saja, dana yang dialokasikan dari APBD murni hanya lebih kurang Rp75 miliar. Padahal tingkat kerusakan infrastruktur jalan mencapai 60% dari ruas jalan kabupaten sepanjang 2.950 kilometer.
“Panjang jalan di Kabupaten Cianjur mencapai 6.000 kilometer lebih terbagi dalam tiga status, yakni jalan nasional, provinsi, dan kabupaten. Untuk jalan kabupaten panjangnya lebih kurang 2.950 kilometer. Kita memang cukup kesulitan memperbaiki infrastruktur jalan karena terbatasnya anggaran yang dialokasikan. Kebanyakan jalan rusak di Kabupaten Cianjur statusnya merupakan jalan desa,” kata Athe di ruang kerjanya, Rabu (3/4).
Athe mengakui jika dana yang diperlukan untuk perbaikan dan peningkatan jalan setiap tahunnya mencapai Rp200 miliar-Rp400 miliar. Alokasi dana sebesar itu bisa dikatakan ideal mengingat kerusakan jalan hampir mencapai separuhnya.
“Tapi kita terus berupaya memaksimalkan dana yang ada untuk perbaikan dan peningkatan jalan, terutama jalan-jalan desa. Beberapa di antaranya sudah ada yang diperbaiki. Seperti di Desa Batununggal. Malahan ada sebagian masyarakat yang mengucapkan rasa terima kasih dengan membuat surat langsung kepada Bupati Cianjur,” tandas Athe.
Ditempat terpisah, Ketua Forum Masyarakat Cerdas Cianjur (FMC2), R. Saudin, menyayangkan sikap Dinas Bina Marga Kabupaten Cianjur yang bersifat mubazir. Pasalnya menurut dia, kualitas jalan di Kabupaten Cianjur yang baru saja diperbaiki berkualitas jelek. “Itu artinya pemborosan terhadap uang Negara, seharusnya Athe bersikap selektif memilih pengusaha pengadaannya, jangan hanya mereka berani memenuhi persyararatan bayar 20 persen sebagai kewajiban, ke Dinas Bina Marga, sementara mereka jadi mengerjakannya dengan asal-asalan,”kata Saudin sa’at ditemui LINGKARJABAR, Rabu (3/4).
Dicontohkannya, ruas jalan Didihadiprawira baru saja diperbaiki, hanya bilangan bulan sudah rusak lagi, belum lagi ruas jalan di Cibarengkok yang baru selesai diperbaiki, hanya dalam waktu tiga hari sudah rusak. “Itu menunjukan pengerjaan jalan yang asal-asalan, dengan kualitas materinya yang jelek,”tandas dia. (rus)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger