' Targetkan PBB Tahun 2013 Hingga 32,4 Milyar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Targetkan PBB Tahun 2013 Hingga 32,4 Milyar

Targetkan PBB Tahun 2013 Hingga 32,4 Milyar

Written By lingkar jabar on Thursday, March 21, 2013 | 11:10 AM



INDRAMAYU (LJ) - Seiring dengan lahirnya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Pemerintah Kabupaten Indramayu Saat ini telah mengeluarkan Peraturan Bupati Indramayu Nomor 4.D Tahun 2012 yang telah diubah dengan Peraturan Bupati Indramayu Nomor 2.D Tahun 2013 tentang Tata Cara Pembagian dan Pengembalian Dana Bagi Hasil Bagian Pemerintah Kabupaten Indramayu dari Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan ( PBB P2) yang kemudian dijadikan dasar ajuan dalam meningkatkan percepatan perolehan Pajak Bumi dan Bangunan  secara maksimal, atas dasar itulah tahun 2013 target penerimaan PBB dari sektor pedesaan dan perkotaan berkisar  Rp. 32.490.941.549,00.
“ Pajak merupakan urusan pemerintah pusat, namun dalam pengelolaannya akan dialihkan sepenuhnya kepada kabupaten/kota. Oleh karena itu saya berharap dengan pengalihan kewenangan pengelolaan itu, kepada Camat, Kuwu/ Lurah serta para kolektor pelaksanaan dilapangan mampu dimaksimalkan, karena pendapatan PBB perdesaan dan perkotaan bagian dari upaya pemerintah untuk membiayai pembangunan yang nantinya akan dapat dirasakan oleh kita semua “
Demikian yang disampaikan Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si  pada acara Sosialisasi percepatan lunas PBB, Penyerahan SPPT, DHKP, dan PBB tahun 2013 secara simbolis, Rabu (21/3) bertempat di Wisma Haj√≠ Indramayu. Dihadiri oleh Para Camat, Kuwu, Lurah  Petugas Pemungut, Petugas Pajak, Petugas Perbankan, serta undangan lainnya.
Dikatakan Wabup,  bantun keuangan yang selama ini digulirkan untuk desa  adalah  bersumber dari dana bagi hasil penerimaan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan dengan target  realisasi penerimaan pajak sebesar lebih dari 70 % sampai dengan 100 % melalui pokok ketetapan pajak bumi dan bangunan golongan I, II, dan III yang dikelola oleh desa. Sehingga pihaknya berharap kolektor mampu meningkatkan prestasi yang sudah maksimal dilakukan ditahun sebelumnya “ Jika kita mampu mendongkrak pendapatan dari perolehan PBB tahun ini bukan tidak mungkin kemarin yang sudah direncanakan calon gubernur dengan masing masing desa mendapatkan 500 juta, Kabupaten Indramayu akan mendahului melakukan program  tersebut. “ paparnya.
Disamping itu pula, wabup menghimbau kepada para Camat, Kuwu dan Lurah untuk lebih ditingkatkan pelayanan kepada masyarakat diwilayahnya masing masing, jaga kondusifitas layani mereka dengan cepat dan tanggap sehingga tidak timbul kejolak yang berarti dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Indramayu “ Saya titip masyarakatnya, untuk terus tingkatkan pelayanan dalam rangka menyelamatkan visi Indramayu Remaja hingga 2015 nanti, jangan sampai masyarakat kecewa dengan pelayanan kita.” Pintanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) Kabupaten Indramayu Drs. Rinto Waluyo, M.Pd mengatakan, penerimaan dari PBB pedesaan dan perkotaan ini hasilnya akan diserahkan kembali ke desa/kelurahan dalam bentuk bantuan keuangan. Untuk itu pihak yang berkepentingan dengan suksesnya penerimaan PBB tahun ini agar kolektor desa/ kelurahan untuk mengikuti teknis dan tatacara  pencapaian target sesuai dengan harapan yang ingin dicapai nanti.**IHS/ACP/SLH


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger