' Ratusan Warga Lamaran Tarung Luruk Pendopo “ Menuntut Kuwu Mundur Dari Jabatanya “ - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Ratusan Warga Lamaran Tarung Luruk Pendopo “ Menuntut Kuwu Mundur Dari Jabatanya “

Ratusan Warga Lamaran Tarung Luruk Pendopo “ Menuntut Kuwu Mundur Dari Jabatanya “

Written By lingkar jabar on Thursday, March 21, 2013 | 5:06 PM



INDRAMAYU (LJ) Ratusan warga Desa Lamaran Tarung  Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu  melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi Kantor Bupati Indramayu, Kamis (21/3) siang. Mereka menuntut agar Kuwu Lamaran Tarung  Rinanto Adi Saputra  mundur dari jabatannya. Alasan mereka menuntut mundur kuwu setempat dikarenakan kuwu dinilai bersikap arogan dan tidak dapat menerima aspirasi masyarakat serta mengabaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Aksi tersebut berjalan tertib dikawal oleh tim keamanan dari Polres Indramayu dan satpol PP, bahkan Camat Cantigi, Kapolsek Cantigi dan Babinmas Lamaran Tarung turut serta mengawal jalannya penyampaian aspirasi warga.
Aksi massa dipicu oleh sikap Kuwu Rinanto  yang telah melakukan pembayaran honor hansip yang tidak jelas, Kuwu tidak  mampu memfasilitasi hajat masyarakat luas, Kuwu tidak pernah menerima aspirasi masyarakat, pengkondisian penerima bantuan pertanian untuk Gapoktan hanya diperuntukan bagi krni dan keluarganya, Pungli terhadap penggarap tanah timbul per hektar 2 juta dengan batasan garapan 2 tahun, serta Aset Titisara Desa yang tidak jelas pelelangan dan peruntukannya. Sikap dan prilaku Kuwu tersebut jelas melanggar ketentuan Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Desa Perda Indramayu nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Tanah Kekayaan dan Asset Desa serta  Undang Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana Korupsi
"Sikap Kuwu Rinanto mengabaikan perda baik tentang Pemerintahan Desa Maupun Pengelolaan Kekayaan dan Aset Desa , dengan melanggar aturan menjadi preseden buruk penegakan hukum. Kalau kuwu sebagai figur di desa memulai langkah dengan melanggar hukum bagaimana dengan rakyatnya " kata kordinator aksi Warta diamini para demonstran.
Sementara itu, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophana tidak bisa menerima pendemo dikarenakan sedang melaksanakan Ibadah Umroh, utusan pengunjuk rasa kemudian diterima oleh Sekda Indramayu H. Ahmad Bachtiar,SH.MH didampingi Kabag Bina Mitra Polres Indramayu AKP. Jaenuri, Kabag Otdes Setda Darpadi, Kasat Pol PP, Dedi Rohaedi, S.Sos, Camat Cantigi, Kapolsek Cantigi, dan Babinsa Lamaran Tarung. Setelah pengunjuk rasa menyampaikan aspirasinya kemudian semuanya ditanggapi oleh Sekda Indramayu untuk secepat mungkin menyelesaikan persoalan Kuwu Lamaran Tarung.
“ Surat dari bapak bapak sudah kami terima, bahkan disposinya sudah disampaikan kepada Inspektorat Daerah Kabupaten Indramayu kemarin jam 11,  silahkan nanti bapak langsung cek ke sana atau kalau terjadi kelambatan proses bisa menghubungi saya. “ terang Sekda.
Senada disampaikan Kapolsek Cantigi AKP Hariyanto, menyambut positif atas langkah yang dilakukan oleh masyarakat dalam menyampaikan aspirasi didepan publik dengan tertib dan aman, sehingga  pertemuan ini diharapkan bapak bapak atas nama warga lamaran tarung bisa memahami prosedur dan aturan dalam menyelesaikan masalah.” Segala sesuatunya sudah dibicarakan diforum ini, proses aspirasi bapak bapak ditindaklanjuti kepada Inspektorat Daerah dan Bapak Sekda juga sudah bertanggung jawab, ada manfaat yang berharga dari pertemuan ini yaitu dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat.kami, pa camat dan pa danramil akan mengawal aspirasi ini sampai menjadiharapan semua.” Terang Kapolsek.
Di tempat terpisah, Kepala Inspektorat Daerah Indramayu H. Nuradi, M.Si saat dihubungi terkait permasalahan Kuwu Lamaran Tarung membenarkan bahwa surat dari Bupati sudah masuk, hanya persoalanya dalam tembusan surat dari masyarakaty Lamaran Tarung itu disampaikan juga kepada Kejaksaan dan Kepolisian sehingga hal itu menjadi masalah bagi kami. “ Nanti besok akan kami kordinasikan dengan aparat penegak hokum yang lain apakah kami yang mengani atau pihak kejaksaan dan kepolisian.” Ungkapnya  kepada Lingkar Jabar.**IHS/SLH

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger