' Puluhan Warga 3 desa di Tenjolaya Kab.Bogor masih mengungsi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Puluhan Warga 3 desa di Tenjolaya Kab.Bogor masih mengungsi

Puluhan Warga 3 desa di Tenjolaya Kab.Bogor masih mengungsi

Written By lingkar jabar on Wednesday, March 27, 2013 | 4:34 PM



BOGOR (LJ) Warga korban longsor di 3 desa di Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, masih  mengungsi karena khawatir longsor susulan kembali mengancam jiwa dan harta benda mereka.
Dalam kejadian itu, sedikitnya 23 rumah rusak akibat longsor di 3 Desa di kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor pada senin (25/03) dini hari  .3 desa tersebut adalah desa Situ Daun, desa Gunung Malang dan Desa Gunung Muria , namun yang terparah terdapat di desa Situ daun.

Di katakan Camat Tenjolaya Kabupaten Bogor  – Baehaki peristiwa terjadi sebelumnya sudah  di rasakan warga sejak minggu sore hingga malam melihat awan mendung tebal sejak minggu siang ."Kami sudah ada laporan dari warga kalau ada yang siaga bencana, karena lokasinya jauh di daerah terpencil  baru pagi kita monitor ke lapangan dan sudah pada ambruk karena longsor " Ujarnya 

Seperti di ketahui wilayah barat kabupaten Bogor terutama di Kecamatan Tenjolaya berada di tebingan kaki gunung salak yang memiliki medan yang terjal dan banyak pemukiman warga di daerah tebingan.
Sementara itu Dan setelah terjadi hujan lebat pada minggu malam harinya – warga di bantu RT dan RW setempat melakukan siaga bencana – dan mengosongkan rumah rumah yang rawan terjadinya longsor terutama yang berdiri di kawasan tebingan bukit gunung Salak Bogor.  Dari 23 rumah rusak akibat longsor 6 rumah hancur, 6 lainnya rusak berat dan 10 rumah tidak layak untuk di huni.

Dari 3 desa yang mengalami musibah longsor itu longsor terparah terdapat di Kampung pasir Ipis Desa Situ Daun – sebuah jalan lingkar Situ daun dengan bentangan 50 meter yang tertimbun matrial longsoran dan menutup akses Jalan.Meski tidak mengakibatkan korban luka maupun jiwa, akibat peristiwa itu sebuah mobil terjebak di antara puing longsoran serta 4 unit sepeda motor tertimbun bersama  12 ekor kambing dan sebuah mobil terjebak di antara longsoran yang sampai dengan Selasa (26/03) masih belum terevakuasi.

Kepala Desa Situ Daun Mohamad Agus menambahkan ,  23  Kepala keluarga, 95 jiwa  yang rumahnya tertimbun longsoran sampai saat ini masih berlindung di rumah kerabat dan lokasi yang aman seperti gedung sekolah atau majlis taklim." Masih ada  15 warga yang juga terancam longsor yang harus di relokasi segera, karena khawatir akan terjadi longsor susulan ".Ujar Kepala Desa Situ Daun Kecamatan Tenjolaya ,  Mohamad Agus.

Sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor sudah menerima sejumlah bantuan dari para donatur baik itu pakaian layak dan juga bahan makanan.
Kasi Logistik BPBD Kabupaten Bogor - Budi Aksomo menambahkan lokasi tersebut harus segera di kosongkan guna mencegah longsor susulan." ada kemungkinan akan di lakukan relokasi bagi korban longsor di Desa Situ Daun, namun hal itu masih harus di bicarakan dengan pemerintahan desa untuk menyiapkan lahan bagi warganya ". Ujar Budi.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger