' MTs Negeri Cibinong Gebyar Budaya Sunda 2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » MTs Negeri Cibinong Gebyar Budaya Sunda 2013

MTs Negeri Cibinong Gebyar Budaya Sunda 2013

Written By lingkar jabar on Wednesday, March 13, 2013 | 10:35 AM



BOGOR (LJ) -  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar gebyar Budaya Sunda tahun 2013, langsung di resmikan oleh Bupati Bogor H. Rachmat Yasin (RY) yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana, di halaman sekolah MTs Negeri I Cibinong, Senin (11/3).

Gebyar Budaya Sunda tahun 2013 tersebut, dihadiri oleh Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Kabupaten Bogor Suhendra, Tokoh Kebudayaan Bogor H. Sulaeman, Mojang Jejaka 2012 Kabupaten Bogor, Imam Rahman Hakim dan Priska Andri Putri, Kepala MTs Negeri I Cibinong H. M. Ma'sum, serta Guru dan para orang tua siswa.

Gebyar Budaya Sunda ini, merupakan hasil karya para pendidik dengan para siswa MTs Negeri I Cibinong, dalam menonjolkan kembali Budaya Sunda di tengah himpitan Budaya Global.
                            
"Kegiatan ini mengangkat citra budaya Sunda warisan leluhur yang saat ini makin mudah tergerus pada perubahan zaman. Bahkan dengan adanya kegiatan ini, dapat mengangkat dan meningkatkan budaya sunda kembali khususnya di Kabupaten Bogor," kata RY dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana, kemarin.

Ia berharap penampilan berbagai kesenian daerah, dapat semakin dikenal luas masyarakat sehingga memiliki kepedulian menjaga dan melestarikannya. Tambah Rahmat, seni dan budaya sunda merupakan aset yang tidak ternilai harganya, sehingga harus ada kepedulian dari berbagai elemen masyarakat terutama dari pemerintah.

"Kami berharap, budaya sunda ini dapat memberikan perhatian yang lebih besar pada perkembangan jaman, serta selalu mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga seni dan budaya, agar tetap terlestarikan. Bahkan masyarakat Kabupaten Bogor dapat menghargai, mencintai, dan melestarikan tradisi, seni dan budaya lokal warisan leluhur ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri I Cibinong H. M. Ma'sum yang di dampingi oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) H. Maman Abdulrahman mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh pihak sekolah berkat kerjasama guru, siswa dan orang tua siswa MTs Negeri I Cibinong.

"Sekolah kami baru pertama kali menggelar Budaya Sunda tahun 2013, dan sekaligus memperkenalkan berbagai potensi yang ada dan memberikan kesempatan bagi anak muda untuk menyumbangkan ide dan kreativitas pada acara yang digelar ini," tuturnya.

Kata dia, produk-produk yang ditampilkan dalam gebyar Budaya Sunda ini, dapat dinikmati berbagai produk yang telah disajikan oleh panitia untuk dapat dikembangkan kembali saat dewasa nanti.

"Kami berharap, apa yang dilakukan oleh anak didik kami ini dapat mengembangkan budaya sunda dan dapat melestaraikan agar gencarnya kembali seni budaya sunda di Kabupaten Bogor," imbuhnya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger