' Investasi Para Jenderal Polisi di Subang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Investasi Para Jenderal Polisi di Subang

Investasi Para Jenderal Polisi di Subang

Written By lingkar jabar on Wednesday, March 27, 2013 | 10:43 AM



SUBANG (LJ)– Dua desa di Kabupaten Subang kini menjadi sorotan publik. Bukan hanya jadi incaran tersangka kasus korupsi Simulator SIM Irjen Djoko Susilo tetapo para Jenderal polisi juga menanam investasi di tiga blok Gunung yang membelah Desa Kumpay, Kecamatan Jalan Cagak dan Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe.


Menurut Dase, Direktur Gerakan Aktifis dan Aliansi Sarjana Subang (GANNASS), lahan para jenderal berada tidak jauh dari lahan milik tersangka kasus simulator. Seperti puluhan hektare lahan milik Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Kolemdikpol Mabes Polri menggantikan Komjen Oegroseno yang kini menjabat Kaharkam Mabes Polri.

Lahan yang terdapat diperbukitan dan gunung Kumpay itu, semula disulap jadi lokasi wisata alam dengan nama Obyek Wisata "Jati Mas”. Di dalamnya terdapat fasilitas vila, outbond dan bermain kuda serta belajar berburu. "Ramainya mungkin hanya dua tahunan, setelah itu tutup," ujar  Dase.

Konon, saat membebaskan lahan itu, Budi membeli lahan dari warga dengan harga
Rp 7 hingga Rp 23 ribu per meter perseginya. Di Desa Cirangkong, bukan hanya lahan milik Djoko seluas 50,68 hektare, juga terdapat lahan milik Kepala Polri, Jenderal Timur Pradopo. Luasnya mencapai 13,21 hektare, tercapat di blok Haur Seah. Dibeli, saat dia menjabat
Kepala Polda Jabar.

Lahan tersesebut dilengkapi vila mewah terbuat dari kayu namun Vila tersebut sekarang  sudah tidak terlihat yang ada hanya bekas pembongkaran, sekarang hanya tinggal perkebunan aneka tanaman produktif terutama kayu  rasamala dan kayu albasiah. "Susah untuk bisa menjangkau ke lokasi vila milik Pak Kapolri," ujar dase.

Endang penjaga Kebun, warga kumpay, dirinya hanya di suruh mengurus kebun oleh Suryana dan Bu Saripah, tidak tahu kebun milik siapa yang penting tiap bulan gajihan, namun setelah adanya berita rame di telivisi  jadi tidak jelas pembayarannya. Memang kondisi jalan belum diaspal, apalagi sekarang Kondisinya rusak parah akibat  banyaknya kendaraan besar yang mengangkut alat bangunan yang sedang membangun kandang ayam  milik perusahaan argo  berdekatan dengan Pondok pesantren Asipa.

Sementara mantan Kepala Polda Jabar, Irjen Pol (Pur) Syafrudin Z. Palagunan yang sekarang
menjabat sebagai Gubernur Lampung, juga memiliki lahan di desa Cirangkong. Lokasinya
berada di Blok Lampidin, luasnya 13 hektare.Konon, dia membeli lahan tersebut dari mantan Menteri  Sosial BachtiarChamzah pada tahun 2012.

"Kalau datang ke sini, biasanya pakai helikopter," ujar salah seorangwarga  Rw.02 / Dusun 01 desa cirangkong yang mengaku Kepercayaannya Syaprudin ZP,  bernama Krisna, sebelum nya dia mengakubekerja di mentri Bahtiar Chamsah. Vilanya mewah, Syafrudin berencana mengembangkan bisnis sapi dengan kandang berkapasitas 700 ekor bekas pak mentri itu, sekarang baru tahap percobaan. *ADE

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger