' Ratusan Rumah di Lemahabang Terendam Banjir - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ratusan Rumah di Lemahabang Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Lemahabang Terendam Banjir

Written By Angga Harja S on Wednesday, February 6, 2013 | 8:51 PM


KAB.CIREBON (LJ) - Sedikitnya 260 rumah penduduk di Desa/Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon terendam air bah yang berasal dari luapan sungai Singaraja. Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu itu merendam rumah warga dengan ketinggian antara 50 hingga 100 centi meter. 

Data yang didapat LINGKAR JABAR, Wilayah yang mengalami kebanjiran adalah dusun 1, 2 dan 3. Rinciannya, di Dusun 1 sebanyak 150 rumah, di Dusun 2 sekitar 50 rumah dan di Dusun 3 terdapat 60 rumah.

Informasi dihimpun, banjir datang secara tiba-tiba menyusul hujan lebat yang mengguyur desa tersebut, sehingga membuat warga panik. Mereka mengemasi barang-barang miliknya untuk diselamatkan ke tempat yang lebih aman, karena air masuk kedalam rumah-rumah warga. Hingga sekitar pukul 24.00 WIB, banjir belum juga reda. Namun setelah itu air berangsur surut dan warga pun segera membersihkan rumah masing-masing dari kotoran sisa banjir.

Kuwu atau Kepala Desa Lemahabang, Toto Sugianto mengungkapkan, tiga dusun yang dilanda banjir memang berada dilokasi yang diapit dua sungai, yaitu Sungai Singaraja dan Sungai Singaratu. Saat hujan lebat, seringkali terjadi luapan air dari kedua sungai tersebut, membuat rumah warga terendam banjir. Pihaknya berharap ada perhatian dari Pemkab Cirebon melalui instansi terkait, untuk menanggulangi luapan sungai yang menjadi persoalan besar selama ini.

Sementara, Camat Lemahabang, Ubaidilah menyatakan, banjir yang terjadi di wilayahnya itu karena faktor alam. Selain itu, perumahan warga di daerah tersebut termasuk dataran rendah, sehingga saat hujan besar daerah tersebut mudah terendam banjir. 

“Sebagai antisipasinya, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengerukan dan juga pelebaran sungai. Dengan begitu, saat hujan besar tidak lagi terjadi luapan,” tukasnya. GYO/PIP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger