' Penuhi Tuntutan Kuwu Pemkab Lakukan Normalisasi Infrastruktur Petani - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Penuhi Tuntutan Kuwu Pemkab Lakukan Normalisasi Infrastruktur Petani

Penuhi Tuntutan Kuwu Pemkab Lakukan Normalisasi Infrastruktur Petani

Written By lingkar jabar on Monday, February 25, 2013 | 8:42 PM



INDRAMAYU (LJ) – Infrastruktur pertanian sepanjang lebih kurang 10 kilometer diwilayah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, salah satunya adalah saluran sekunder yang berbatasan dengan Kecamatan Sliyeg dan Saluran tersier manggis, kini mendapat perhatian pemkab Indramayu atas usulan dan upaya yang dilakukan  7 Kuwu di Kecamatan Balongan diantaranya H. Wukir Kuwu Sudimampir,H. Sobana Kuwu Sudimampir Lor,Yayat Ruhiyat,S.Ag  Kuwu Tegalsembadra, Hj. Masrofah Kuwu Sukareja,M.Nurfatullah Kuwu Sukaurip, Suryadi Kuwu Rawadalem, Siswo Kuwu Gelarmendala dan Ahmad Fahmi Kuwu Tegalurung,  pasalnya ke tujuh kuwu tersebut mendatangi Kantor PSDA Tamben Indramayu mereka meminta Pemkab Indramayu untuk melakukan normalisasi saluran pengalapan yang diharapkan oleh ribuan masyarakat petani diwilayahnya.” Program normalisasi saluran ini murni permohonan masyarakat petani diwilayah kecamatan balongan yang diusulkan oleh para kuwu satu bulan kemarin, mereka ramai ramai datang ke kantor kami untuk mengatasi masalah dangkalnya saluran air hingga mengakibatkan sumber air lambat dalam mengairi pesawahan diwilayahnya.” Demikian dikatakan Kepala Dinas PSDA Tamben Kabupaten Indramayu Omarsyah, S.Sos, MM melalui sekretaris Dinas Dikdik Sudikna kepada Lingkar Jabar baru baru ini.
 
Dikdik berharap program yang sudah dilaksanakan pemkab Indramayu dapat dimanfaatkan penggunaanya oleh masyarakat petani diwilayah kecamatan Balongan, sehingga penanggulangan normalisasi infrastruktur pertanian sedikit demi sedikin dapat dituntaskan satu persatu.
Terpisah Mantri Pengairan Kecamatan Balongan Taryono memberikan apresiasi kepada para kuwu yang telah berusaha membantu persoalan infrastruktur ini, hingga upaya mereka dapat direspon dengan cepat.” Upaya para Kuwu yang mengusulkan program ini sangat membantu saya sebagai petugas yang ada dilapangan, sehingga petani tidak lagi meributkan masalah solokan pengalapan air yang merupakan sumber utama dalam meningkatkan produksi padi.” Paparnya dilokasi normalisasi saluran, Kamis(21/2)kemarin.
Taryono berharap program ini mendapat respon yang positif dari masyarakat petani, sehingga kelangsungan dalam mengelola lahan pertanian tahun 2013 ini bisa diwujudkan dengan hasil yang maksimal.  Terkait keluhan masyarakat tentang tanah yang diangkut keluar oleh kendaraan PSDA Taryono membenarkan dan tanah tersebut diperuntukan untuk pengurugan mushola dan lapangan kantor  dinas PSDA tmben Indramayu.
 Senada disampaikan Mashadi Petani Desa Rawadalem yang berada tidak jauh dari lokasi pekerjaan pihaknya mengaku bersyukur nasib petani bisa diselamatkan oleh pemerintah karena jika saluran ini tidak segera dilakukan penyelamatan dipastikan hasil panen padi akan berpengaruh.Paparnya(IHS)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger