' 32 Kotak Suara Desa Kopo Bogor Gentayangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 32 Kotak Suara Desa Kopo Bogor Gentayangan

32 Kotak Suara Desa Kopo Bogor Gentayangan

Written By Angga Harja S on Wednesday, February 20, 2013 | 9:39 PM


KAB.BOGOR (LJ) - Potensi Kecurangan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jabar, di Kabupaten Bogor, nampaknya sudah mulai terjadi. Selain ditemukannya sejumlah pemilih ganda dibeberapa wilayah, sebanyak 32 kotak suara telah disebar oleh PPS Desa Kopo kesetiap TPS. Bahkan, menurut informasi yang dihimpun, pendistribusian kotak suara tersebut dilakukan malam hari.
Padahal, sesuai aturan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Jawa Barat No 01/kpts/kpu-prov-011/VII/2012, penyaluran kotak suara dari PPS ke tiap-tiap TPS harus dilakukan pada 22-23 Februari 2013. Namun, langkah PPS Desa Kopo ini mengundang kecurigaan berbagai pihak.
Kepala sekertariat PPS Desa Kopo Edi Sutisna berdalih, penyaluran ke-32 kotak suara tersebut atas perintah ketua PPS demi keamanan kotak suara beserta isinya (kertas suara). Pasalnya, keamanan logistik pilkada itu didalam kantor desa kurang terjamin. "Yah memang sudah kami kirim ke tiap-tiap TPS, tapi itu atas perintah ketua PPS demi keamanan kotak suara,"Pungkasnya.
Lebih lanjut, Edi mengatakan, bilamana langkah yang diambilnya tersebut dinilai telah melanggar aturan, maka seluruh kotak suara yang telah disebar tersebut akan ditarik kembali. "Hari ini akan kami tarik kembali, walaupun jarak dari TPS satu ke TPS lainnya lumayan jauh," imbuhnya.
Mendengar hal tersebut, ketua Panwaslu Kecamatan Cisarua, Yufti Yusuf berjanji, pihaknya akan melaporkan temuan tersebut ke PPK Kecamatan dan Panwaslu Kabupaten Bogor. Ia pun mengaku kaget dengan langkah PPS yang mendistribusikan kotak suara tersebut ke TPS lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. "Kami akan laporkan masalah ini ke PPK dan Panwaslu Kabupaten Bogor, serta akan melakukan kroscek dilapangan," ujarnya.
Menurut lufti, selain melaporkan ketingkat PPK dan Panwaslu. Bilamana ditemukan suatu upaya tindak pidana pemilu, maka dirinya pun akan melaporkannya ke pihak yang berwajib dalam hal ini Polres Bogor. "Kalau ada tindak pidana pemilu, yah kita akan laporkan juga ke Polres Bogor," tegasnya.
Di tempat terpisah, salah seorang tim sukses pasangan Dede-Lex wilayah Dapil-3, Mulyadi menilai, Gentayangannya sejumlah kotak suara berikut isinya di Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, bisa dikategorikan adanya kelalaian dalam pengawasan dari penyelenggara pemilu (KPU) sehingga akan memicu terjadinya kecurangan." Dimana pengawasan pihak penyelenggara pemilu, kenapa itu kotak suara sebanyak itu bisa gentayangan ke tiap-tiap TPS. Padahal, jadwal pendistribusian sudah ditetapkan," kesalnya.
Hasil informasi yang dihimpun dilapangan, selain disalurkannya 32 kotak suara sebelum waktunya, juga terdapat 49 Daftar Pemilih ganda dan 1 meninggal di Desa Tugu selatan, Kecamatan Cisarua. YUS
Share this article :

1 komentar:

Anonymous said...

emangnya hantu gentayangan............? ya mungkin tadinya demi keamanan jadi bagi-bagi tugas dengan KPPS.

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger