' 121 Warga Bogor Peroleh Bantuan Kube Gakin - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 121 Warga Bogor Peroleh Bantuan Kube Gakin

121 Warga Bogor Peroleh Bantuan Kube Gakin

Written By Angga Harja S on Sunday, February 3, 2013 | 9:36 PM


BOGOR (LJ) - Sebanyak 121 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor memperoleh bantuan modal usaha melalui program Kelompok Usaha Bersama Keluarga Miskin (Kube Gakin). Setiap warga menerima bantuan stimulan sebesar Rp500 ribu.  

Guliran modal usaha dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan keluarga Berencana (BPMKB) tersebut diberikan langsung kepada di penerima Kube Gakin di Aula Kelurahan Paledang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna (PUEM-TTG) pada BPMKB Kota Bogor Tety Sovia  mengungkapkan, bahwa Paledang merupakan salah satu Kelurahan di Kota Bogor yang dinilainya terbaik dalam pelaksanaan program Kube Gakin.

Menurut Tety, bantuan modal usaha sebesar Rp500 ribu diperuntukan untuk menambah modal usaha warga. “Untuk tahun ini, kami juga menawarkan kepada warga, selain untuk modal usaha juga bisa mengajukan bantuan untuk sarana dan prasarana untuk usaha, “ kata Tety di Balaikota Bogor Minggu (3/2).

“Jadi, kalau ada warga yang membutuhkan kompor untuk usaha dan sarana dan prasarana lainnya tinggal melaporkan langsung kepada kami, dan kami siap membantu dengan cuma-cuma atau gratis,“ tandasnya.

Lurah Paledang Rachmadi mengatakan, Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (UEK SP) Kelurahan Paledang termasuk salah satu yang terbaik di Kota Bogor dalam pengelolaan bantuan kube gakin. “Buktinya, pada tahun 2012 lalu tingkat pengembaliannya mencapai 95 persen,“ kata dia

Menurut dia, bantuan kube gakin merupakan program bantuan bergulir bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk tambahan modal usha sehingga usaha dapat berkembang.

“Kedepannya, kami berharap kepada Pemerintah Kota Bogor bisa memberikan bantuan dengan jumlah yang lebih besar lagi, sebab program ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga yang membutuhkan tambahan  modal usaha,“ kata Rachmadi.

Sementara itu, Ketua Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (UEK SP) Kelurahan Paledang Muhammad. Nurdat Ilhamsyah, menjelaskan, bahwa guliran modal usaha sebesar Rp500 merupakan bantuan stimulan dari Pemerintah Kotab Bogor.

Nurdat menambahkan, mereka yang menerima bantuan modal usaha adalah warga yang membuka usaha rumahan, seperti penjual  gorengan, minuman, dan makanan, serta usaha kerajinan tangan untuk cendra mata wisatawan yang biasa diperjual belikan di sekitar Kebun Raya Bogor. ALI 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger