' Tuntut Jamkes Masa DKR Demo Nyaris Bentrok - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tuntut Jamkes Masa DKR Demo Nyaris Bentrok

Tuntut Jamkes Masa DKR Demo Nyaris Bentrok

Written By Angga Harja S on Thursday, January 10, 2013 | 7:00 AM


DEPOK (LJ) - Ratusan massa yang tergabung dari Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Walikota Depok, nyaris bentrok, Rabu (9/1).

Aksi yang dilakukan oleh ratusan masa tersebut, menuntut Pemerintah Kota (pemkot) Depok, wajib mensosialisasikan dan melaksanakan program Jaminan Kesehatan yang berasal dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada seluruh masyarakat  Kota Depok.

Dalam aksi yang dilakukannya tersebut, mendapat pengawalan ketat dari aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-Pol.PP) dan Polisi. Keributan sempat nyaris baku hantam yang dilakukan oleh para pengunjuk rasa yang berusaha merangsek untuk memasuki gedung Balaikota Depok untuk menemui Walikota Depok Nur Mahmudi Isma'il.                                                                            
"Kami datang untuk, menyalurkan aspirasi kami, terhadap kebijakan Pemkot Depok yang harus menyampaikan program kesehatan agar secepatnya mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat Kota Depok," ujar salah seorang aksi dalam orasinya, kemarin.

Irfan salah seorang aksi saat membacakan tuntutannya mengatakan, dalam program jaminan kesehatan, masih banyak warga masyarakat yang belum mengetahui, mendapatkan dan tercantum dalam program jaminan kesehatan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Sebab dalam UUD 1945, UU BPJS, UU SJSN bahwa setiap warga Negara berhak untuk mendapatkan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkemas), Jaminan Persalinan (Jampersal), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Hal itu berlaku untuk pengobatan semua jenis penyakit dan tanpa dipungut bayaran (Gratis)," tuturnya.

Menurutnya, pemantauan DKR, dalam pendistribusian tiga jenis kartu jaminan kesehatan itu, banyak dijumpai adanya pemungutan ( dikutip uang administrasi-red) oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, banyak warga masyarakat yang namanya telah terdaftar sebagai peserta, namun hingga kini belum mendapatkan kartu tersebut.

"Untuk itu, kami mendesak Pemkot Depok, untuk segera menuntaskan dan menyelesaikan program Jaminan Kesehatan, untuk warga masyarakat Kota Depok. Selain itu menertibkan dan menindak oknum-oknum yang memanfaatkan penderitaan rakyat," pintanya. (Tys/Hrs)  

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger