' Terminal Bayangan Jadi Penyebab Kemacetan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Terminal Bayangan Jadi Penyebab Kemacetan

Terminal Bayangan Jadi Penyebab Kemacetan

Written By Angga Harja S on Monday, January 14, 2013 | 7:00 AM


CIANJUR (LJ) Keluhan masyarakat tentang macetnya jalan raya Pasir Hayam acap kali didengar,pasalnya,jalan tersebut berada tak jauh didepan muka terminal Pasir Hayam.Hampir semua angkutan umum dalam kota maupun angkutan umum antar kota mencari penumpang diluar terminal.Akibatnya,kemacetanpun selalu terjadi setiap hari. "Tiap kali kami melintas dijalan raya Pasir Hayam,Sirnagalih Cianjur,selalu saja terjadi kemacetan.Apalagi pada siang hari,selain macet,panasnya juga minta ampun"keluh salah seorang pengendara sepeda motor, Dodi, kepada LINGKAR JABAR, Minggu (13/1).

Lanjut Dodi, pemerintah dalam hal ini petugas DLLAJR maupun polisi lalulintas harus bertindak tegas kepada para pengendara angkutan umum dan memberikan arahan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan umum agar mereka tidak mencari jasa angkutan diluar terminal.

"Jadi pembangunan terminal Pasir Hayam yang menelan anggaran milyaran rupiah pada tahun 2007 lalu,dinilai tidak efektif.Kami berharap agar pihak pemerintah segera mengatasi persoalan ini,demi memberikan pelayanan umum dan terbaik kepada masyarakat,khususnya pengguna lalulintas jalan"tukasnya.

Sementara itu, Mulayana, salahsatu staf UPTD terminal Pasir Hayam saat ditemui LINGKAR JABAR dikantornya kemarin, pihaknya mengaku sudah jengkel dengan ulah para pengendara angkutan umum yang mencari penumpang diluar terminal.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan agar angkutan umum tidak mencari angkutan diluar terminal.Tapi apa daya, kami sangat sulit untuk menertibkannya. Bahkan kami sudah sering bertindak tegas kepada mereka, tapi hasilnya sia-sia.Mungkin penyebabnya adalah kendaraan angkutan umum dengan sesama kendaraan angkutan umum lainnya bertemu diluar terminal. Jadi mereka saling bertukaran penumpang dijalan,tidak didalam terminal,akibatnya ya terjadilah kemacetan,”kata Mulyana.

 Contohnya, lanjut dia, angkutan umum 02 B dengan angkutan umum Cibeberan. “Mereka saling menukar angkutannya diluar terminal. Begitupun dengan angkutan umum jurusan Cianjur Selatan,mereka lebih memilih menunggu penumpang diluar,karena kondisi didalam terminal sepi "jelasnya.

Masih menurut Mulyana,pihaknya berencana akan membuat jalan atau jalur baru agar para angkutan umum tidak ada titik pertemuan atau pertukaran penumpang diluar terminal.

"Satu-satunya solusi adalah harus ada jalur terpisah yang bisa langsung masuk terminal,jadi mereka tidak saling tukar atau mencari penumpang diluar terminal.Dengan cara seperti ini,mau tidak mau mereka akan saling tukar penumpang didalam terminal"tandas dia. (sep/rus)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger