' Sipora Dibentuk Untuk Mewaspadai Orang Asing - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sipora Dibentuk Untuk Mewaspadai Orang Asing

Sipora Dibentuk Untuk Mewaspadai Orang Asing

Written By Angga Harja S on Monday, January 14, 2013 | 6:21 PM

Cimahi(LJ)-Pembentukan tim Koordinasi Pengawasan Orang Asing (Sipora), adalah upaya preventif terjadinya sasaran tindak kriminal yang dilakukan oleh orang asing. Termasuk mengantisipasi penyelundupan barang berharga serta barang terlarang seperti narkoba, maka dibentuklah

Pembentukan tim Sipora itu serndiri, bukanlah tanpa alasan. Mengingat, di Jawa Barat ini kehadiran orang asing cenderung meningkat tiap tahunnya, terutama saat dibukanya lapangan terbang Husen Sastranegara sebagai zona penerbangan internasional.
   
“Itulah, dari sekian orang asing yang datang ke Jabar, diprediksi ada yang melakukan tindak kriminal,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Wilayah Bandung, Ali Rachman SH kepada LINGKAR JABAR, usai pengukuhan tim Sipora Kota Cimahi di aula gedung B Pemkot Cimahi, kemarin.
  
Menurutnya jadi, mutlak diperlukan pengawasan yang ketat terhadap orang asing, tambahnya. "Jangan sampai keberadaan orang asing di Indonesia, khususnya di Jabar merugikan negara," imbuhnya seraya menerangkan dengan adanya sistem pengawasan, lanjutnya, tidak bakal merugikan sektor pariwisata. Mengingat, pengawasan dilakukan terutama bagi orang asing yang diduga melakukan pelanggaran hukum. Dan tentu saja, jika mereka terbukti bersalah, perlu pembinaan hingga penindakan.
 
Sementara pada kesempatan yang sama, Kabid Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja & Transmigrasi, Yanuar Taufik mengatakan, dengan dibentuknya tim Sipora, Pemkot Cimahi perlu meningkatkan pengawasan ekstra ketat terhadap warga asing, agar masyarakat lokal tidak terkena imbas negatifnya yang tidak menutup kemungkinan dilakukan warga negara asing.
  
Diakui Yanuar, selama ini warga asing di Kota Cimahi belum pernah tersangkut masalah hukum. Karena sebagian besar dari mereka merupakan pekerja di beberapa perusahaan di Cimahi. Dan sisanya sebagai owner di perusahaan tersebut.

“Bahkan, menurut catatan yang ada di dinas kami, warga asing yang telah kami data dari Januari hingga Desember 2012 lalu , sudah 71 orang yang mengantongi Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas),” ujarnya. Seraya menambahkan bahwa tim Sipora Kota Cimahi ini merupakan yang baru pertama sekali terbentuk di lingkungan wilayah kerja Kantor Imigrasi Bandung. (Fer/Den).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger