' PT. Indocement Hijaukan Wilayah Binaan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » PT. Indocement Hijaukan Wilayah Binaan

PT. Indocement Hijaukan Wilayah Binaan

Written By Angga Harja S on Wednesday, January 16, 2013 | 6:51 PM


KAB.BOGOR (LJ) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pabrik Citeureup ikut berpartisipasi terhadap program penanaman 1 miliar pohon yang digagas pemerintah. Bekerjasama dengan pemerintahan Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, perusahaan semen itu memberikan bantuan sebanyak 7000 bibit pohon yang akan ditanam disejumlah titik di 3 desa binaan yakni, Desa Tajur, Pasirmukti dan Hambalang.

Selain bekerjasama dengan unsur pemerintahan di Kecamatan Citeureup, dalam pelaksanaannya juga melibatkan kalangan pelajar dari SMAN 1 Citeureup yang aktif dikegiatan pramuka. 

"Sekarang (kemarin,red) kita lakukan tanam pohon di Desa Tajur dengan melibatkan siswa-siswi SMAN 2 Citeurep. Kedepannya kita akan lakukan penanaman pohon keseluruh desa," kata Bambang Widodo Tawekal, Camat Citeureup kepada LINGKAR JABAR saat melakukan penanaman berbagai jenis pohon bersama perwakilan PT Indocement di lapang bola Desa Tajur, Rabu (16/1).

Bambang mengatakan, program pemerintah untuk menghijaukan bumi pertiwi akan terus dilakukan pihaknya bersama Indocement. Itu dilakukan agar menjaga ketersediaan air dan konservasi keanekaragaman hayati, selain untuk penyerapan karbondioksida (CO2).

Selain itu, lanjutnya, fungsi dari penanaman pohon untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir. "Di bulan Januari curah hujan sangat tinggi dan banyak terjadi longsor. Makanya Kecamatan Citeureup akan senantiasa bekerjasama dengan CSR (Corporate Sosial Responsibility) Indocement melakukan tanam pohon guna mensukseskan program 1 miliar tersebut," ujarnya. 

Terkait aksi penanaman pohon yang banyak dinilai hanya sebagai seremonial saja, karena usai ditanam tidak dilakukan perawatan, Bambang menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan desa setempat agar masyarakatnya ikut berpatisipasi melakukan perawatan.

"Sesuai intruksi bupati jangan hanya melakukan penanaman saja, tapi berikut dengan perawatannya," jelas mantan Camat Bojonggede ini.

Bambang menambahkan, penanaman ini sebagai wujud dari program Bupati Bogor, yaitu bulan menanam pohon yang dilakukan setiap tahun. Sehingga, dalam pelaksanaannya tidak hanya dilakukan di sekitar lahan jalan, tetapi dilokasi tebing maupun lahan kritis.

"Kita juga bekerjasama dengan unsur Muspika Citeureup akan melaksanakan program Jum'at hijau," paparnya.

Sementara, ratusan pelajar dari SMAN 1 Citeureup sangat antusias mengikuti kegiatan tanam pohon tersebut.  Banyak dari mereka (pelajar red) yang rela kotor demi menjaga dan melestarikan Bumi Tegar Beriman ini. 

"Adanya kegiatan ini kita sangat senang sekali dapat mengikuti. Karena, dengan seperti ini, kita turut peduli menjaga wilayah agar tetap hijau," aku Desi Mulyandari, siswi kelas XI SMAN 1 Citeureup. 

Menurutnya, kesadaran warga untuk merawat dan menjaga hutan serapan semakin menipis. Yang terjadi, malah tambah marak aksi pembalakan liar yang mengakibatkan terjadinya bencana alam longsor dan banjir saat musim hujan. 

"Sebagai generasi muda, kita sangat mendukung program tanam 1 miliar pohon ini. Sebab kita tak hanya turut menjaga wilayah agar tetap hijau, tapi sekligus mendapat ilmu tambahan dari kegiatan ini," tukasnya. DED/ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger