' Pilbup Bandung Barat, Pasangan PDIP Dipuji, Duet Gerindra-Hanura Mendaftar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pilbup Bandung Barat, Pasangan PDIP Dipuji, Duet Gerindra-Hanura Mendaftar

Pilbup Bandung Barat, Pasangan PDIP Dipuji, Duet Gerindra-Hanura Mendaftar

Written By Angga Harja S on Thursday, January 10, 2013 | 7:00 AM


BANDUNG BARAT (LJ) - Teka-teki siapa yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pemilihan Umum Bupati (Pilbup) Bandung Barat 2013 akhirnya berakhir. Bupati Bandung Barat Abubakar sebagai calon incumbent disandingkan dengan Yayat Soemitra, pengusaha sekaligus fungsionaris DPP PDIP sebagai calon wakil bupati.

Hal itu dikemukakan Ketua Pemuda Demokrat Indonesia (PDI) KBB Yadi 'Bob' Supriadi memastikan pasangan Abubakar-Yayat Soemitra itu didukung surat keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. "SK-nya sendiri ditandatangani DPP pada Sabtu (5/1) kemarin. Sedangkan, SK itu turun dan diterima kita malam tadi," kata Yadi kepada wartawan, Rabu (9/1).

Dia menyebutkan, ketetapan itu berdasarkan SK DPP No 2980/In/DPP/I/2013 tentang pengusungan Abubakar-Yayat Soemitra. Sebagai organisasi kepemudaan yang mempunyai benang merah dengan PDIP, Yadi mengaku bangga ada kader PDI yang menjadi calon orang nomor dua di KBB. 

Sebab, kata dia, Yayat itu merupakan bendahara umum PDI di tingkat pusat. "Yang pasti, Yayat itu kader ideologis. Selain itu, dia sudah teruji di segala bidang sebagai pengurus GMNI, Pemuda Demokrat Indonesia, dan di PDIP sendiri Yayat pernah menjadi pengurus di DPD, DPP PDIP. Intinya, dia bukan politisi karbitan," ujarnya.

Lebih jauh, Yadi menyebutkan sebelum deklarasi pengusungan itu digelar acara syukuran di Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin sebagai kampung halaman Yayat Soemitra pada Rabu (9/1) pagi. "Sehari setelah itu, pada Kamis (10/1/2012) kita akan deklarasi bersama Abubakar di Kota Baru Parahyangan," ujar Yadi.

Beberapa kalangan menyebutkan, pasangan yang diusung PDIP sangat ideal. Pasalnya, ada unsur keterwakilan antara pasangan Abubakar-Yayat Soemitra. Satu di antaranya diucapkan Ketua Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) KBB Rahmat Hidayat. Dia menyebutkan pemasangan yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP itu pilihan cerdas.

"Alasan ideal pertama yaitu karena dalam pengusungan calon ini satu paket merupakan kader internal partai. Jika suksesi kepemimpinan daerah ini berjalan mulus maka suksesi kepemimpinan nasional dapat mudah dimenangkan," kata Rahmat di sela hajatan Yayat Soemitra sowan dengan tokoh masyarakat Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, kemarin.

Selain itu, dengan paket itu nantinya menjalankan roda pemerintahan bisa sejalan dan meminimalisasi friksi. "Tidak seperti sekarang dimana bupatinya berasal dari PDIP sedangkan wakilnya dari Golkar. Dalam beberapa hal, diantara mereka selalu terjadi friksi," ujarnya.

Lebih jauh Rahmat menilai figur Yayat itu sebagai seorang pengusaha dan pekerja keras yang berhasil. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Yayat diharapkan dapat mengelola potesi yang dimiliki untuk kesejahteraan warga KBB. "Pengusungan pasangan Abubakar-Yayat Soemitra oleh PDIP ini justru menarik untuk melihat respons dari Partai Golkar menentukan formula untuk menyaingi," jelasnya.

Sementara itu, pasangan Djamu Kertabudi-Agus Yasmin yang diusung Partai Hanura dan Gerindra serta partai politik nonparlemen mendaftarkan diri ke KPU Bandung Barat, kemarin siang. Sebelum mendaftarkan mereka disambut upacara adat khas Tanah Pasundan. Lengkap dengan payung agung, mereka tampak serasi mengenakan kemeja koko warna krem plus peci hitam di kepala.

Ada yang istimewa, pencalonan itu disaksikan politisi nasional anggota DPR Rachel Maryam. Mendampingi pasangan, politisi muda asal Partai Gerindra itu pun tampak serasi dengan jilbab nuansa krem. Untuk beberapa saat, pendaftaran calon tersebut memacetkan ruas Jalan Tagogapu-Padalarang dimana sekretariat KPU KBB itu berada.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger