' Pedagang Asongan Blokir Lintasan KAI Cirebon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pedagang Asongan Blokir Lintasan KAI Cirebon

Pedagang Asongan Blokir Lintasan KAI Cirebon

Written By Angga Harja S on Tuesday, January 15, 2013 | 7:00 AM

CIREBON (LJ) - Para pedagang asongan kembali melakukan demo di daerah operasi (Daop) III Cirebon pasca dilakukan penertiban jajaran PT KAI. Aksi yang dilakukan ratusan pedagang itu dengan cara memblokir lintasan kereta api disekitar pintu jalur, di Jl. Kartini Kota Cirebon, Senin (14/1).

Mereka (pedagang,red) mulai mengelar aksi protesnya terhadap jajaran direksi PT KAI DAOP III Cirebon sekitar pukul 13.00 WIB. 

Pantauan di lokasi, ratusan pedagang asongan yang sebelumnya melakukan demo di halaman kantor Daop III Cirebon di Jalan Siliwangi, tiba-tiba mengalihkan aksinya kesekitar jalur rel kereta api. Dengan melakukan lounching, mereka menuju rel kereta yang terletak di Jalan Kartini sekitar 700 meter dari kantor Daop.

Aksi demo yang dilaksanakan selama kurang lebih 15-20 menit di jalur sibuk di kota udang tersebut mengakibatkan kemacetan total bagi pengendara, baik roda empat maupun roda dua hingga mencapai puluhan meter.

Para pedagang asongan dalam aksinya duduk di atas rel. Dalam pelaksanaannya, mendapat pengamanan ketat dari anggota Dalmas Polres Cirebon Kota, Brimobda dan TNI, yang dipimpin langsung Kapolres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni. Bahkan anggota gabungan yang mengamankan jalannya aksi demo, menangkap bebera aksi yang diindikasikan sebagai provokator penyebab demo.

Sempat terjadi kericuhan saat sejumlah aparat kepolisian memaksa menarik pedagang asongan yang tengah duduk-duduk di atas rel. Sedikitnya 4 orang pedagang asongan terluka maupun pingsan dan akhirnya dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sebelumnya aksi demo berlangsung damai di depan kantor Daop III Cirebon.  Dimediasi oleh anggota DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno dan Sumardi, perwakilan pedagang asongan pun melakukan dialog dengan Kepala Daop III Cirebon, Wawan Aryanto.

Perwakilan pedagang asongan, Naryo menuntut agar pedagang asongan diperbolehkan lagi berjualan di lokasi stasiun. "Tidak hanya di stasiun, kami pun menuntut agar diperbolehkan kembali berjualan di atas kereta," katanya. SUR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger