' Musim Hujan Waspada Nyamuk DBD di Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Musim Hujan Waspada Nyamuk DBD di Bogor

Musim Hujan Waspada Nyamuk DBD di Bogor

Written By Angga Harja S on Tuesday, January 8, 2013 | 9:00 PM


BOGOR (LJ) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Jawa Barat, mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penyakit nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, saat ini musim telah berganti dari musim kemarau ke musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr. Rubaeah mengatakan, pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan cukup rawan terjadi penyebaran DBD. “Oleh sebab itu, warga diharapkan agar menjaga kebersihan lingkungan pekarangan masing-masing,” kata Rubaeah kepada wartawan ketika dihubungi lewat telepon genggamnya, Selasa (8/1).

Ia menjelaskan, kasus DBD pada tahun 2012 sebanyak 111 kasus yang menyerang warga kota Bogor, namun tidak meninggal dunia. ”Tahun 2012 lalu, korban tercatat ada 111 kasus penyakit antara lain DBD, Cikunguya dan Penyakit kulit,” ujarnya.

Pada tahun 2013 ini, lanjut dia, sudah ada 3 orang yang terserang penyakit DBD. "Warga yang tersang penyakit itu, dari warga Tanah Sareal dan Warga Bogor Barat. Saat ini pasien sedang menjalankan perawatan di salah satu rumah sakit dibogor," kata dia.

Rubaeah mengatakan, kewaspadaan dini terhadap DBD penting, karena dari 68 kelurahan di Kota Bogor, merupakan daerah endemis yang selama ini, berturut-turut selalu terjadi kasus DBD.

Lebih lanjut dia menjelaskan, salah satu langkah pencegahannya yakni melalui gerakan tiga M, yakni Menguras bak mandi, vas dan tempat penampungan air minimal dan menabur bubuk abete atau altosid pada tempat-tempat penampungan air yang sulit dikuras.

Selanjutnya, Menutup rapat tempat penampungan air atau bisa juga dengan memelihara ikan di tempat-tempat penampungan air. Yang terakhir yaitu Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air. “Gerakan tiga M itu, cukup efektif untuk mencegah penyebaran DBD,” ujarnya.

Rubaeah menambahkan, sejak beberapa bulan terakhir trend peningkatan DBD di Kota Bogor terus meningkat. Sebab itu, dengan datangnya musim hujan ini, warga diminta agar ikut serta mencegah penyebaran dan penularan DBD. “Warga juga harus ikut terlibat dalam pencegahan penyebaran penyakit. Dan rencananya, kami bersama Walikota Bogor akan mengalakan kembali untuk memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Bogor, berupa bersama-sama pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” pungkasnya. ALI




Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger