' Longsor Tutup Jalur Puncak Selama Dua Hari - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Longsor Tutup Jalur Puncak Selama Dua Hari

Longsor Tutup Jalur Puncak Selama Dua Hari

Written By Angga Harja S on Thursday, January 10, 2013 | 7:00 AM


CIANJUR (LJ) - Hujan setiap hari selama satu pekan lebih mengakibatkan tebingan di kawasan wisata Puncak longsor. Peristiwa itu terjadi di depan Hotel Bukit Indah, Ciloto, yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur, mengalami longsor. Beruntung, musibah yang terjadi pada Rabu (9/1) sore itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, arus lalulintas terpaksa harus ditutup selama 2 hari kedepan karena material tanah dan tembok menutupi hampir seluruh badan jalan.

Kapolres Cianjur, Jawa Barat, AKBP Agustri Heriyanto, mengungkapkan, upaya menyingkirkan material longsor yang menutup Jalur Puncak akan memakan waktu dua hari ke depan, sehingga jalur tersebut akan ditutup selama dua hari. Selama proses tersebut, pihaknya akan memberlakukan penutupan arus kendaraan dari dua arah Bogor dan Cianjur sehingga pengguna jalan dari kedua arah tersebut diarahkan untuk mengambil jalur alternatif Sukabumi-Jonggol.  

"Kami akan upayakan secepatnya jalur ini dapat dilalui kembali, meskipun satu jalur. Namun untuk melakukan proses menyingkirkan material longsor diperkirakan memakan waktu selama dua hari," jelasnya kepada wartawan. Dia pun mengimbau pengguna jalan yang akan mengunakan jalur Puncak dengan tujuan Cipanas, Cianjur, Bandung dan seterusnya, untuk menggunakan jalur alternatif Sukabumi-Jonggol, atau Puncak II.

"Saat ini, hingga dua hari ke depan, kami akan melakukan penutupan di beberapa titik karena jalur Puncak akan ditutup untuk lalulintas kendaraan, selama proses menyingkirkan material longsor berlangsung. Itu (pembersihan material longsor) membutuhkan konsentrasi dan penanganan maksimal," katanya.

Dari keterangan yang dihimpun, longsor tersebut diduga akibat jebolnya dinding tembok sebuah kompleks vila yang berada di wilayah perbukitan tersebut. "Sebenarnya yang longsor bukan tanah tapi dinding tembok vila, namanya Villa Villas. Letaknya di depan Hotel Bukit Indah," terang Iptu Yayan Suharyana, KBO Lantas Polres Cianjur, saat dihubungi wartawan.

Dijelaskan Yayan, longsoran dinding tembok vila terjadi pada jalur sepanjang 110 meter. Material tembok itu memenuhi badan jalan sehingga tidak dapat dilalui kendaraan. Kondisi dinding tembok yang masih berdiri diperkirakan masih labil. "Karena itu kami tutup jalan dari dua arah. Takutnya, kalau kendaraan melintas, dinding yang labil malah runtuh," lanjut Yayan.

Sementara itu, anggota Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Devi Effendi. Menurutnya lagi, dua hari sebelum kejadian, longsor kecil di lokasi sudah terjadi, dan material longsoran sudah dibersihkan. Peristiwa Rabu sore kemarin merupakan longsoran susulan yang lebih besar, dan kondisi setempat juga diguyur hujan. Kabut tebal juga menyelimuti lokasi sejak pagi. YUS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger