' Kesehatan Warga Miskin di Subang Ditopang Dana Rp 7 Miliar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kesehatan Warga Miskin di Subang Ditopang Dana Rp 7 Miliar

Kesehatan Warga Miskin di Subang Ditopang Dana Rp 7 Miliar

Written By Angga Harja S on Tuesday, January 8, 2013 | 7:00 AM


SUBANG (LJ) - Pelayanan masyarakat di bidang kesehatan di wilayah Kabupaten Subang dipastikan bakal ditingkatkan. Itu menyusul dinaikannya anggaran kesehatan di Kabupaten Subang dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 1miliar menjadi Rp7 miliar pada tahun 2013.

Meski demikian, masih terdapat kendala yang diprediksi bisa menyulitkan pelaksanaan pelayanan kesehatan dan penyerapan anggaran tersebut, yakni kenaikan anggaran tersebut belum diimbangi dengan dibentuknya Peraturan Bupati (Perbup) terkait Jaminan kesehatan Daerah (jamkesda).

Ketua komisi D DPRD Kabupaten Subang Sugianto, mengungkapkan, kenaikan anggaran kesehatan itu seharusnya disertai dengan adanya aturan soal Jamkesda di Subang. "Kenaikan itu harus di imbangi dengan pembentukan perbup tentang jamkesda," kata Sugianto kepada wartawan, belum lama ini.

Dalam waktu dekat, lanjut Sugianto, pihaknya akan mengundang Dinas Kesehatan dan RSUD guna membahas alokasi anggaran tersebut. Selain itu, Pihaknya mendesak Bupati Subang, Ojang Sohandi untuk segera membuat Peraturan Bupati tentang Jamkesda.
"Kalau perda tentang Jamkseda sudah ada, namun belum memiliki perbup-nya. Untuk itu kita meminta bupati segera membentuknya," paparnya.

Terkait dengan pernyataan Dinas Kesehatan Subang yang menyatakan kebutuhan dana untuk menutupi kebutuhan pelayanan kesehatan warga miskin Rp 32 miliar, Sugianto menyatakan bila hal itu sebenarnya bisa diantisipasi sebab kebutuhan itu tidak dibebankan kepada pemerintah kabupaten.

"Padahal sebelumnya dinkes kabupaten dan provinsi sudah membuat komitmen untuk menutupi beban biaya kesehatan warga miskin dengan porsi 40 provinsi dan 60 kabupaten, tinggal ada sosialisasi dinkes dengan bupati dan anggaran terebut akan terpenuhi," pungkasnya. WAN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger