' Dewan Himbau Walikota Keluarkan Perwali - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dewan Himbau Walikota Keluarkan Perwali

Dewan Himbau Walikota Keluarkan Perwali

Written By Angga Harja S on Tuesday, January 8, 2013 | 12:57 AM


CIREBON (LJ) - Terkait akan berakhirnya masa jabatan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Dharma Kota Cirebon pada bulan Februari 2013, kalangan wakil rakyat menghimbau walikota agar mengeluarkan Perwali (peraturan walikota). Hal itu untuk mencari calon penganti Wiem Wilantara, Dirut PDAM saat ini memiliki kualitas yang mampu menjadikan perusahaan plat merah tersebut lebih baik lagi.

"Saya rasa sebelum Walikota Subardi melakukan penunjukan kepada calon Dirut PDAM, terlebih dulu mengeluarkan Perwali. Dimana nantinya, dalam peraturan itu terdapat beberapa syarat bagi para calon yang harus dilakukan untuk duduk menjabat sebagai pimpinan di BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) tersebut," ujar Ahmad Azrul, Anggota Komisi B DPRD Kota Cirebon kepada wartawan.

Menurut dia, mengeluarkan Perwali sangat perlu dilakukan walikota. Terlebih yang akan menjabat sebagai dirut nanti harus dapat menyelesaikan krisis air PDAM. Sebab, sampai saat ini PDAM Kota Cirebon masih belum mampu melayani pasokan air kepada masyarakat atau pelanggan selama 24 jam penuh.

"Melalui Perwali itu, walikota dapat melakukan seleksi figur dirut. Dan bisa mencari calon dirut yang mampu mengembangkan PDAM serta menyelesaikan persoalan pasokan air tersebut," papar Azrul yang juga digadang-gadang sebagai calon Walikota Cirebon.

Azrul mengatakan, walikota sebaiknya tidak terjebak dengan seseorang dengan figur ketokohan atau apapun. Alasannya, agar dalam pelaksanaan tahapan seleksi, diharapkan dapat dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan profesional.

"Kalau seperti itu, publik tidak akan menilai walikota menunjuk Dirut PDAM bukan karena faktor suka atau tak suka maupun kedekatan," tegasnya.

Sementara, informasi dihimpun menjelang berakhirnya masa jabatan Walikota Cirebon, Subardi, rumor yang berkembang dari kalangan internal PDAM saat ini muncul dua kandidat kuat untuk menggantikan Wiem Wilantara, seperti Direktur Teknik PDAM, Hendra Yogiyasa dan Direktur Umum, Sofyan Satari.

Ketua Dewan Pengawas PDAM Kota Cirebon, Sugianto menyatakan, jabatan dirut merupakan hak prerogatif walikota untuk menentukan. Sehingga, siapapun yang akan menjabat sebagai dirut tergantung penilaiannya.

"Walikota lah yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan siapa yang akan mengganti sekaligus menduduki kursi Dirut PDAM," tukasnya. GYO/*


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger