' Dede Yusuf Ikut Senam, Teten Kunjungi Pelosok, Aher ke Pasar Baru - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dede Yusuf Ikut Senam, Teten Kunjungi Pelosok, Aher ke Pasar Baru

Dede Yusuf Ikut Senam, Teten Kunjungi Pelosok, Aher ke Pasar Baru

Written By Angga Harja S on Monday, January 7, 2013 | 7:00 AM


SUKABUMI - Para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jawa Barat mengisi akhir pekan di awal 2013 dengan beragam kegiatan ke tengah masyarakat. Seperti Cawagub Teten Masduki, pasangan Rieke Diah Pitaloka, mengunjungi warga Kasepuhan Ciptagelar, di pelosok wilayah Cisolok, Kabupaten Sukabumi (tatanan kesatuan adat Banten Kidul), sejak Jumat (4/1) hingga Sabtu sore ( 5/1).

Teten bersama rombongan menghabiskan waktu 4 jam untuk sampai ke daerah yang berada di Gunung Halimun tersebut. Pegiat antikorupsi ini bersama rombongan harus berganti mobil untuk melewati jalan terjal yang membelah gunung halimun. Hujan yang turun di sepanjang perjalanan, dan jalan yang sempit serta menembus hutan lebat ternyata tidak membuat ciut pria kelahiran Garut ini untuk tetap melanjutkan perjalanan.

Susana akrab dan ramah yang merupakan ciri khas mayoritas suku sunda, menyambut kedatangan Teten masduki bersama Rombongan. Teten langsung diterima perwakilan kasepuhan Ciptagelar di Imah Gede atau rumah besar. "Saya berbesar hati diterima dengan sangat akrab dan hangat oleh Abah Kasepuham Ciptagelar. Mereka warga Jabar yang sangat mandiri dan hampir tidak tersentuh pembangunan," ujar Teten.

Kemandirian dan keserdahanaan, ditopang tatanan sosial yang baik di Ciptagelar, kata Teten, pada akhirnya bisa mewujudkan masyarakat yang makmur, dan hidup berkecupan. "Adat sunda di kasepuhan adat ciptaggelar merupakan warisan budaya yang harus dilindungi dan dipertahankan keberadaannya. Mengingat adat ini juga merupakan sebuah contoh keseimbangan antara manusia dan alam sekitarnya," kata Teten seraya menambahkan saat ini warga Kasepuhan butuh pembangunan jalan, sekolah menengah dan fasilitas kesehatan dan juga dokter.

Sementara itu, calon petahana gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama istri, menyambangi pedagang di Pasar Baru, Sabtu (5/1). Pasar terbesar di Jawa Barat ini merupakan pusat perdagangan tekstil utama di Tanah Air. Bahkan, pasar berlantai sembilan itu masih menjadi salah satu tujuan utama pedagang busana dari beberapa negara di Asia Tenggara.

"Tadi saya bertemu warga dari Ciamis, Tasikmalaya, bahkan dari Jawa Timur. Produk yang diperdagangkan di sini, khususnya tekstil, berasal dari sejumlah daerah di Jabar. Hal ini tentu menunjukkan Pasar Baru menjadi salah satu roda perekonomian penting di Jabar," tutur Heryawan seraya menghitung, jumlah pedagang di Pasar Baru mencapai 15.000 orang.

Jika rata-rata pedagang memiliki karyawan tiga orang. Berarti tak kurang 45.000 orang menjalankan aktivitas ekonomi setiap hari. Pedagang asal luar negeri yang menjadi pelanggan pasar ini adalah dari Malaysia dan Singapura. "Pantas bila kita katakan Pasar Baru merupakan Tanah Abang-nya Bandung atau Jabar. Bila Jakarta punya Tanah Abang sebagai pusat grosir dan eceran produk tekstil, Bandung atau Jabar memiliki Pasar Baru," kata Heryawan.

Sementara itu, cagub yang diusung parpol Koalisi Babarengan, Dede Yusuf Macan Effendi, bersama istri Sendy Yusuf dan ribuan ibu-ibu melakukan senam massal di Lapangan Tegalega, kemarin. Acara Gebyar Senam Bugar tersebut diselenggarakan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jawa Barat yang dikomandoi Sendy Yusuf sebagai ketuanya.

Meski cuaca gerimis namun, ribuan ibu-ibu dari berbagai wilayah tampak antusias mengikuti senam bersama Dede Yusuf. Hadir dalam acara itu Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana. Dalam sambutannya, Dede mengatakan sangat senang bisa ikut senam sehat bersama Perwosi.

Walaupun kondisinya kurang fit namun calon gubernur Jawa Barat nomor urut tiga ini tetap sangat bersemangat. "Saya kebetulan agak kurang sehat, masih flu karena kemarin hujan-hujanan saat meninjau tempat pembuangan sampah di Bogor, tapi kalau karena acara ini senam mudah-mudahan saya jadi sehat," ujar Dede.


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger