' Calon Incumbent Dituding Tunggangi Program Pemerintah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Calon Incumbent Dituding Tunggangi Program Pemerintah

Calon Incumbent Dituding Tunggangi Program Pemerintah

Written By Angga Harja S on Monday, January 7, 2013 | 7:00 AM


BANDUNG (LJ) - Calon Gubernur (Cagub) yang saat ini juga menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Dede Yusuf Macan Effendi, kini mulai berani terang-terangan menyentil kelakuan atasannya sekaligus rival politiknya, sang calon incumbent Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Dede yang diusung oleh empat parpol dalam Koalisi Babarengan, tampaknya mulai gerah dengan manuver sang incumbent yang dianggapnya tidak bisa memisahkan program pemerintah provinsi (pemprov) Jabar dengan kampanye politik.

Hal itu mencuat saat Dede Yusuf memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Koalisi Babarengan di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Minggu (6/1). Meski tidak gamblang menyebut nama, ia menyindir cagub incumbent dari PKS itu yang dianggapnya kerap menggabungkan program pemerintah dengan kampanye. "Ada kandidat yang memberikan janji-janji, kita punya hak untuk protes, teguran, jangan digabung-gabung program pemerintah dengan kampanye," kata Dede.

Ucapan itu langsung disambut tepuk tangan pengurus parpol Koalisi Babarengan yang hadir di lokasi. Selain menyindir Heryawan, Dede menyampaikan permintaan khusus pada para anggota DPRD Jabar yang berasal dari parpol Koalisi Babarengan. Ia meminta, anggaran yang merupakan bantuan Pemprov Jabar ke masyarakat atau lembaga, dicairkan sesuai waktunya.

Jika bantuan harusnya cair bulan April, harusnya tetap dicairkan April. "Kalau ada anggaran yang harusnya turun di bulan Maret-April, jangan diturunkan di bulan Januari-Februari, ini yang harus kita semua awasi dan pantau. Jangan sampai bantuan itu disalahgunakan pihak tertentu," pinta bekas aktor laga yang ngetop dengan iklan obat Bodrex tersebut.

Dalam kesempatan itu, Dede juga sempat memaparkan visinya untuk membangun Jabar bersama Lex Laksamana dan parpol koalisi. Ia juga mengajak semua elemen Koalisi Babarengan untuk punya tekad memenangkan pilgub. "Kalau kita mau menang, kita harus bahu-membahu," tegas Dede. Setelah Dede, Lex sempat memaparkan misi pasangan Dede-Lex. Ruangan kemudian disterilkan dan pertemuan berlangsung tertutup.

Pelanggaran Heryawan

Sementara itu, terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye oleh Ahmad Heryawan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Jabar berjanji akan bersikap profesional sesuai aturan dalam menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang dilakukan Heryawan. "Terhadap semua calon, Panwaslu memperlakukan secara berimbang dan setara sesuai amanat UU, termasuk terhadap incumbent. Tidak perlu ada kekhawatiran dari setiap pasangan calon," kata Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat kepada sejumlah wartawan.

Ia mengatakan, dugaan pelanggaran terhadap Heryawan akan ditindaklanjuti dengan proses klarifikasi. Selain itu, Panwaslu Jabar juga akan mengkaji data-data yang sudah dikumpulkan Panwaslu Jabar serta bukti yang diberikan pelapor, tim pemenangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. "Rekaman dan foto-foto dugaan pelanggaran itu sudah ada di Panwaslu Jabar," ujarnya.

Dugaan pelanggaran itu dilaporkan tim Rieke-Teten ke Panwaslu Jabar beberapa hari lalu. Pelanggaran itu diduga dilakukan dalam pertemuan Heryawan dengan kepala desa atau kuwu se-kabupaten Cirebon yang di dalamnya terdapat ajakan memilih disertai iming-iming pemberian bantuan Pemprov Jabar senilai Rp 100 juta. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger