' Wakapolri Bakal Libas Polisi Korup - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Wakapolri Bakal Libas Polisi Korup

Wakapolri Bakal Libas Polisi Korup

Written By Angga Harja S on Sunday, December 9, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG (LJ) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jendral Pol. Nanan Sukarna menyampaikan pesan tegas kepada seluruh masyarakat dan jajarannya dalam menyambut peringatan hari antikorupsi 9 Desember. Jendral bintang tiga ini meminta agar masyarakat membantu jajaran Polri dalam mewujudkan sosok polisi yang bersih di tanah air. Nanan pun memberikan tips khusus untuk hal itu.

"Maklumat kapolri mengatakan, tolong masyarakat jangan kompromi dengan polisi brengsek, jangan kompromi dengan polisi korup," kata Nanan saat menghadiri acara motorbikes di Kota Bandung, Sabtu (8/12). Dijelaskannya, Polri sudah berkomitmen untuk menciptakan polisi yang antikorupsi dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya di bidang keamanan dan ketertiban. 

Namun demikian, itu semua bisa dilakukan dengan bantuan masyarakat. Sebab jika berjalan sendiri akan sangat sulit untuk mewujudkannya. "Polri kan sudah berkomitmen dengan memasang pin di dadanya soal antikorupsi. Polisi harus menjadi pelayan prima, anti korupsi dan anti kekerasan," ujarnya.

Pemasangan pin itu pun bukanlah pura-pura atau lips service belaka, tapi sudah sepenuhnya menjadi tekad jajaran Polri, mulai dari atas sampai ke bawah. "Itu komitmen dan tekad kami bersama-sama. Jangan mengiming-imingi polisi di jalan di saat bermasalah dalam berlalulintas," tegas perwira tinggi kelahiran Purwakarta-Jawa Barat itu.

Terpisah, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jabar Irjen TB Anis Angkawijaya, menegaskan, seorang polisi harus bekerja semaksimal mungkin dan terus aktif dalam melayani masyarakat. Selain itu, polisi juga harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Tidak ada dalam kamus kepolisian, seorang petugas berdiam diri.

"Hanya ada dua polisi yang selalu berdiam diri, yaitu polisi tidur dan patung polisi. Jadi, saya tekankan seluruh jajaran kepolisian di Jabar untuk selalu berperan aktif dan bekerja semaksimal mungkin dalam melayani dan mengayomi masyarakat," tutur Kapolda Anis Angkawijaya saat mengunjungi Mapolres Bogor Kota, akhir pekan kemarin.

Selain itu, Anis juga menambahkan paradigma yang ada di tengah masyarakat terhadap sosok polisi harus diubah oleh sikap dan perilaku polisi itu sendiri. Citra polisi ditengah masyarakat selalu digambarkan dengan sosok yang menakutkan. "Coba saja, para ibu bila melihat anaknya nangis selalu mengatakan awas nanti dimarahin pak polisi. Selalu ditakut-takuti seperti itu. Citra ini yang harus dihapuskan di tengah masyarakat," jelasnya.

Untuk itu, Anis meminta personel kepolisian bisa memberikan image bagus di tengah masyarakat. Hal tersebut harus dilakukan dengan memberikan contoh dan sikap yang baik terhadap masyarakat. Fungsi dan peran polisi sebagai mitra dan mengayomi masyarakat harus benar-benar dijalankan seluruh jajaran kepolisian.

"Dalam survei yang dilakukan tim kepolisian memang masih ada beberapa perilaku polisi yang tidak disukai masyarakat. Itu yang harus kita ubah. Sosok polisi harus bersih, ramah, sopan, dan tegas. Masyarakat mengharapkan polisi itu jujur dan bisa menjadi mitra masyarakat yang baik, lalu bertubuh atletis kaya Ade Ray dan juga wangi," pungkasnya. HER/ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger