' - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...

Written By Angga Harja S on Thursday, December 13, 2012 | 7:00 AM


Tuduhan Ijazah Palsu Yance Dibantah KPU Jabar

BANDUNG - Kabar tentang dugaan ijazah palsu milik Calon Gubernur (cagub) Jabar, Irianto MS Syafiuddin atau Yance, sudah terbantahkan. Itu menyusul pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Yayat Hidayat, yang menyebutkan ijazah sarjana Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu adalah asli. Kepastian itu berdasarkan keterangan resmi dari perguruan tinggi tempat Yance menempuh bangku kuliah di Universitas Putera Indonesia (Unpi), Cianjur.

"Kami tegaskan bahwa ijazah Pak Yance itu sah. KPU sudah menerima surat keterangan resmi dari kampus Unpi," ujarnya kepada wartawan usai acara deklarasi bersama Lembaga (KPU, KPID, KIP, Panwaslu) di Hotel Khatulistiwa Jatinangor, Rabu (12/12). Dia menjelaskan surat keterangan tersebut diterima KPU Jabar pada Selasa (11/12) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Kemudian, KPU langsung bergerak melakukan klarifikasi dengan cara mengirim sejumlah petugas verifikasi ke kampus tersebut. "Apapun dugaan dari LSM Lira, KPU kan hanya mengacu kepada pernyataan resmi universitas yang mengeluarkannya, bukan menjadi hakim atau pembela," katanya.

Seperti diketahui, Selasa (11/12) lalu, LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kabupaten Indramayu memberikan laporan dan data dugaan ijazah S-1 aspal (asli tapi palsu) Yance ke KPU Jabar. Lembaga tersebut juga melakukan pelaporan kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum Jabar.

Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat menyatakan pihaknya hanya memeriksa dari sisi administratif terkait dugaan ijazah palsu tersebut. Jika memang terbukti ada unsur pemalsuan atau bahkan ijazahnya tidak diakui perguruan tinggi bersangkutan, maka hal tersebut tergolong palsu. "LSM Lira tidak mengungkapkan secara pasti hal-hal yang mengarah pada palsunya ijazah itu secara administratif," ucapnya.

Sementara itu, Wakil sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, Pulihono menilai laporan yang dilakukan LSM itu lebih didorong oleh motif politis. Pasalnya, LSM itu tidak bisa memberikan bukti-bukti nyata terkait dugaan ijazah palsu itu. "Kalau memang palsu, tolong sebutkan palsunya di mana? Saya juga ingin tahu buktinya apa? Dan yang patut dipertanyakan, kenapa Lira tidak melakukan klarifikasi langsung ke Unpi," bebernya.

Menurutnya lagi, LSM Lira bukan yang pertamakali menyebarkan isu soal ijazah Ketua DPD Partai Golkar tersebut. Isu itu sudah diembuskan LSM Lira ketika Yance mencalonkan diri sebagai bupati Indramayu beberapa tahun silam. Dia pun menduga ada politisasi terkait ijazah Yance tersebut.

Pilgub Bakal Sukses

Sementara itu, Yayat mengatakan, sejumlah lembaga sudah siap mengawal jalannya pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 2013 nanti. Pilgub Jabar pun diyakini akan berjalan sukses dan berkualitas. “Pilgub Jabar nanti dipastikan berjalan sukses dan berkualitas karena sejumlah lembaga siap mengawal jalannya penyelenggaraan ini,” kata Yayat Hidayat dalam Seminar Kajian Keterbukaan Informasi Publik dalam Pilgub Jabar di Hotel Khatulistiwa, Jatinangor.

Lembaga tersebut adalah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Komisi Informasi (KI) dan Pengawas Pemilu (Panwaslu). Yayat mengatakan, lembaga tersebut telah komitmen untuk menciptakan pelaksanaan Pilgub Jabar secara jujur, adil serta amanah. Teknis kinerja dari lembaga tersebut, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing lembaga itu. "Tekad terwujudnya Pilgub yang maksimal itu didorong juga oleh mitra kerja KPUD Jabar," ujarnya.

Pada pelaksanaan Pilgub Jabar, Panwaslu akan mengawasi kinerja KPU Jabar pada saat pelaksanaan Pilgub Jabar. Kemudian, KI dan KPID akan mengawasi apapun bentuknya penyiaran (iklan) yang berbau kampanye oleh pasangan calon gubernur. "Sehingga, eksistensi KPID, KI dan Panwaslu berperan penting dalam mewujudkan hasil pelaksanaan Pilgub Jabar yang bisa dipercaya oleh masyarakat Jabar," tandasnya. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger