' Takut Kecewa, Dikdik - Cecep Tidak Patok Kemenangan di Pilgub - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Takut Kecewa, Dikdik - Cecep Tidak Patok Kemenangan di Pilgub

Takut Kecewa, Dikdik - Cecep Tidak Patok Kemenangan di Pilgub

Written By Angga Harja S on Thursday, December 6, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat dari jalur independen, Irjen Pol Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib mengaku pasrah saja dalam melakoni proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada Februari 2013. Sehingga Dikdik, putra asli Garut yang terakhir menjabat Kepala Polda Sumsel, ini tidak memasang target kemenangan pada Pilgub. Dia dan Cecep merasa khawatir pemasangan target malah akan mendatangkan kekecewaan.

"Setiap orang sudah ditentukan garis takdirnya oleh Tuhan. Begitu pun dengan jabatan gubernur karena Tuhan sudah menentukan siapa yang akan mengembannya nanti," ujar Jendral Polisi bintang dua ini kepada wartawan saat penyerahan berkas dukungannya di Kantor KPU Jabar, Rabu (5/12).

Dia menjelaskan kepasrahan terhadap kemenangan Pilgub membuat pihaknya tidak akan jor-joran dalam mengeluarkan dana untuk kampanye. Penggunaan dana akan disesuai dengan kemampuan. "Saya tidak akan memaksakan dengan pinjam sana-sini atau menjual segala yang ada. Saya hanya akan mengeluarkan seadanya saja," akunya.

Menurutnya, penggunaan dana kampanye yang dipaksakan akan menimbulkan upaya pengembalian dana kampanye. Dan bukan tidak mungkin akan timbul aksi korupsi. "Kalau dipaksakan nantinya akan korupsi. Dan saya tidak mau seperti itu," bebernya. Meskipun begitu, pihaknya tetap akan berusaha semaksimal mungkin dalam menghadapi pesta demokrasi warga Tatar Pasundan. Usaha keras dinilai paling penting dan menjadi kewajiban.

Ketika disinggung terkait raihan suara calon independent di berbagai daerah yang terlihat jeblok, Dikdik mengaku tidak gentar oleh hal itu. Sebab, berat atau tidaknya peluang jalur independent tergantung usaha keras. "Jalur independen merupakan bagian saya. Jadi saya akan menikmati apapun yang telah menjadi bagian saya," ujarnya.

Serahkan Berkas Dukungan

Sebelumnya, Dikdik Mulyana Arief-Cecep S Toyib menyerahkan tambahan dukungan sebanyak 1,5 juta berkas sebagai syarat pencalonannya pada Pilgub. Penyerahan berkas dukungan itu membuat total berkas yang diserahkan mencapai 2.037.375 dukungan yang berasal dari 25 kabupaten/kota di Jabar.

Berkas diserahkan secara langsung kepada Ketua Pokja Pencalonan KPU Jawa Barat, Teten Setiawan di kantor KPU Jabar. Bukti dukungan tersebut lantas disimpan di aula kantor KPU untuk selanjutnya diverifikasi. "Kami bekerja siang malam untuk memprosesnya. Jumlah dukungan tersebut kami peroleh dari masyarakat dalam kurun waktu 25 hari," ujar Dikdik.

Dia mengaku dukungan paling banyak berasal dari Kabupaten Garut dan Subang. Kedua kabupaten tersebut berkontribusi masing-masing sebanyak 400 ribu lebih dukungan. "Selain Garut dan Subang, dukungan yang cukup banyak datang dari Kabupaten Cianjur sebanyak 300 ribu dukungan," katanya.

Dikdik menuturkan berkas dukungan terbanyak datang dari Garut mengingat dirinya berasal dari daerah yang dikenal sebagai produksi dodol itu. Berdasarkan perhitungan sementara, berkas dukungan dari Kabupaten Garut berjumlah 16 dus. "Banyaknya dukungan dari masyarakat Subang karena dulu saya lama tinggal di sana saat menjabat sebagai Kapolsek. Dan Alhamdulillah ikatan saya dengan masyarakat Subang masih terjalin baik," bebernya.

Dikdik mengaku berkas dukungan tersebut diperolehnya dari hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Hanya Kota Cimahi yang tidak memberikan berkas dukungan kepadanya. "Sebenarnya ada warga Cimahi yang memberikan dukungan kepada saya dan Pak Cecep, namun karena jumlahnya sudah mencukupi, jadi dukungannya itu tidak sempat kami proses, karena terbatasnya waktu," jelasnya seraya menambahkan dirinya yakin berkas tersebut mampu memenuhi persyaratan KPU Jabar.

Sementara itu, Ketua Pokja Pencalonan KPU Jawa Barat menuturkan jumlah tambahan dukungan tersebut akan dihitung ulang dengan melibatkan 150 petugas KPU. Melihat banyaknya berkas, pihanya juga berencana menambah petugas dari daerah. "Petugas sejmlah itu berasal dari KPU kab/ kota, yaitu nantinya setiap KPU kab/ kota akan membawa petugas PPK nya masing-masing," kata Teten.

Pemilihan anggota PPK dalam penghitungan berkas dukungan tersebut, kata Teten dikarenakan petugas PPK telah berpengalaman dalam penghitungan serupa. Ketika itu, penyerahan berkas dukungan tahap pertama. "Komposisi petugas KPU akan disesuaikan dengan jumlah dukungan yang diklaim oleh tim pasangan Dikdik-Toyib. Insya Allah kami akan tepat waktu menyelesaikannya, pada 8 Desember mendatang," pungkasnya. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger