' Seluruh Bank Diminta Serahkan Laporan Lalu Lintas Devisa - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Seluruh Bank Diminta Serahkan Laporan Lalu Lintas Devisa

Seluruh Bank Diminta Serahkan Laporan Lalu Lintas Devisa

Written By Angga Harja S on Thursday, December 6, 2012 | 7:00 AM

BOGOR (LJ) - Direktur Eksekutif Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Hendy Sulistiowaty, mengungkapkan bahwa Bank Indonesia (BI) telah meminta kepada seluruh bank agar komitmen melaporkan Lalu Lintas Devisa (LLD). Pelaporan LLD dari Perbankan Indonesia sebagai acuan untuk menyusun Statistik Neraca Pembayaran Indonesia.

Hal ini dikemukakan oleh Hendy dalam acara bingkai "Temu Akhir Tahun Pelapor Lalu Lintas Devisa dan Pelapor Hasil Devisa Hasil Ekspor" di Bank Indonesia. "Pelaporan LLD didasari oleh kebutuhan informasi yang senakin akurat dan rinci untuk mendukung formulasi kebijakan dibidang moneter serta untuk menyusun Statistik Neraca Pembayaran Indonesia (SNPI) dan Posisi Invetasi Internasional Indonesia (PIII) lebih baik," katanya, Rabu (5/12).

Lebih lanjut, menurutnya perbankan diminta menyempurnakan laporan LLD ini. Karena hal itu akan terciptanya sistem pelaporan LLD yang terpadu dengan perolehan data yang komperhensif, akurat, dan cepat. Tambahnya, pelaporan LLD sebenarnyasudah berjalan sejak tahun 2000 untuk bank, 2001 lembaga keuangan non bank, 2002 unuk perusahaan bukan lembaga keuangan. "Pelaporan LLD merupakan amanat dari UU no.24 tahun 1999 tentang lalu lintas devisa dan sistem nilai tukar" katanya.

Hendy juga berharap kepada pemimpin bank dan perusahaan berkenan mendukung kelancaran pelaksanaan pelaporan tersebut. "Untuk itu, saya juga berharap Bapak dan Ibu senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas serta akurasi laporan LLD" katanya. Selain LLD, Hendy turut meminta laporan Devisa Hasil Ekspor (DHE).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger