' Sekunder dan Tersier, Sektor Bisnis Paling Prospektif di Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Sekunder dan Tersier, Sektor Bisnis Paling Prospektif di Jabar

Sekunder dan Tersier, Sektor Bisnis Paling Prospektif di Jabar

Written By Angga Harja S on Tuesday, December 18, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG -  Kalangan pengusaha di Jawa Barat (Jabar) memprediksi ada beberapa sektor bisnis yang paling prospektif di Jabar pada tahun 2013 nanti. Sektor industri pelayanan konsumen retail seperti sektor sekunder (otomotif, permesinan, rokok, semen, telekomunikasi, farmasi) dan sektor tersier (jasa, penyewaan, dan pengepakan) paling propektif di tahun 2013 karena ditopang oleh pertembuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dan rendahnya suku bunga lokal.

Ketua Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) BPD Jawa Barat, Yusuv Suhyar mengungkapkan, bahwa untuk sektor Primer (CPO, karet dan cokelat), sektor industri ini mendapatkan keuntungan langsung dari kenaikan harga komoditas global dan perusahaan yang diuntungkan yakni dengan eksportir komoditas.

"Sektor-sektor itu memiliki bisnis paling prospektif Jawa Barat 2013 dengan beberapa faktor penunjangnya," ujar Yusuv kepada wartawan di sela-sela acara Seminar Outlook Perekonomian 2013 dengan tema Prospek Ekonomi dan Arah Kebijakan ke Depan di kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI (Jawa Barat & Banten), Jalan Braga-Kota Bandung, Senin (17/12).

Sementara sektor yang memiliki potensi namun terhambat oleh tergantung dengan kebijakan pemerintah adalah sektor tersier seperti infrastruktur, jalan tol, pelabuhan dan air bersih. Hal itu disebabkan karena sektor ini terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.

Sektor potensial namun terhambat oleh tidak kondusifnya iklim investasi domestik adalah para pelaku usaha yang termasuk di dalam kategori pengekspor yang dibatasi regulasi dan ketidakpastian hukum. Industri disektor ini yakni sektor primer (pertambangan, minyak bumi dan gas).

"Adapula sektor yang sedang surut terkait dengan perjanjian perdagangan bebas dengan negara sahabat. Umumnya industri di sektor ini padat tenaga kerja dan termasuk sektor sekunder yang diantaranya adalah pakaian jadi, tekstil, sepatu, mainan dan elektronik," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger