' Pemkot Depok Larang Minimarket Beroperasi 24 Jam - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkot Depok Larang Minimarket Beroperasi 24 Jam

Pemkot Depok Larang Minimarket Beroperasi 24 Jam

Written By Angga Harja S on Friday, December 28, 2012 | 7:00 AM


DEPOK (LJ) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, melarang toko modern dan minimarket beroperasi selama 24 jam. Hal itu dilakukan, untuk menerapkan mengatur tentang jam operasional pasar modern termasuk diantaranya mini market.

"Kalau ada toko modern dan minimarket beroperasi 24 jam, maka akan diperingatkan sampai tiga kali, jika tetap membandel maka izin usahnya akan ditutup," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Farrah Mulyati kepada wartawan, kemarin.

Ia mengatakan, pengaturan jam operasional tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (perda) No 3 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perizinan dan Pendaftaran Usaha Bidang Perindustrian dan Perdagangan. "Perda tersebut mengatur tentang jam operasional pasar," ujarnya.

Farrah menjelaskan, dalam pasal 55 disebutkan bahwa jam operasional pusat perbelanjaan dan toko modern ditetapkan pukul 09.00-22.00 WIB. Sedangkan untuk minimarket pada hari besar, diperbolehkan buka lebih dari jam 22.00 WIB asalkan sudah meminta izin. "Misalnya saat hari raya atau tahun baru boleh buka lebih dari jam 22.00 WIB, asal sudah ada izin dari Disperindag," tuturnya.

Peraturan tersebut, lanjut dia, pihaknya sudah menetapkan pada bulan April 2012 lalu. "Sebelumnya, kami sudah melakukan sosialisasi kepada pemilik dan pengelola pasar modern termasuk mini market, agar mereka bisa mengetahui perda ini," ujarnya.

Dikatakannya, selain untuk menjaga keamanan tujuan dari penerapan perda ini untuk melindungi pasar tradisional. Tambah dia, perda tersebut juga telah melewati proses kajian sehingga sudah mempertimbangkan banyak faktor. "Perda tersebut melindungi keberadaan pasar tradisional yang ada. Dan jika masih ada toko modern dan minimarket yang masih beroperasi, pihaknya akan memberikan tindakan tegas," pungkasnya. TYS/HRS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger