' Pemkab Indramayu Tak Serius Lakukan Pengerukan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkab Indramayu Tak Serius Lakukan Pengerukan

Pemkab Indramayu Tak Serius Lakukan Pengerukan

Written By Angga Harja S on Thursday, December 13, 2012 | 7:00 AM


INDRAMAYU (LJ) – Penanganan masalah pengerukan di lokasi Muara Benda Karangampel yang diharapkan ribuan masyarakat nelayan, semestinya segera disikapi serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan. Setidaknya kehadiran yang sangat diharapkan mereka itu bisa mengobati rasa kekecewaan masyarakat nelayan, apalagi kondisinya sekarang sudah bisa dimanfaatkan.

Menurut Ridwan, Kepala Desa atau Kuwu Benda Kecamatan Karangampel, Pemkab Indramayu terkesan tidak serius menangani persolan pengerukan yang sudah jelas-jelas memberikan kontribusi untuk pembangunan. Padahal, pemerintahan desa bersama pengurus KUD Mina Jaya sudah mengajukan permohonan pengerukan muara tersebut.

"Tapi sayangnya, sampai saat ini belum ada tindakan serius dari pemkab. Bahkan komunikasi pun tidak ada,” akunya kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Ridwan mengatakan, jika persoalan hajat masyarakat nelayan ini tidak segera diperhatikan, khawatir akan berdampak pada pelaksanaan Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Barat 2013 nanti.

Ia menjelaskan, keberadaan kuwu sebagai kepanjangan tangan dari Pemkab Indramayu, meminta kepada pihak pemerintah melalui dinas terkait untuk secepatnya menindaklanjuti keinginan masyarakat. Terlebih lokasi muara tampat menaruh harapan dan masa depan masyarakat Benda secara luas.

"Bisa dibayangkan penderitaan masyarakat, bukan hanya kehilangan aktifitas mencari nafkah termasuk setiap tahun tanah mereka terkikis hingga 25 meter akibat terjadi pendangkalan,” jelas Ridwan.

Sementara, Ketua Komisi D DPRD Indramayu, Syaefudin menanggapi serius informasi terkait terbukanya Muara Benda yang saat ini belum ditangani pihak pemkab. Bahkan, wakil rakyat ini berjanji akan menindak lanjuti persoalan tersebut hari Senin (17/12).

"Sebenarnya persoalan itu sudah kami bahas. Dan jika informasi sudah terbukanya muara tersebut kami sangat bersyukur. Nanti kami akan lakukan kunjungan  ke lokasi bersama dinas terkait," ujarnya.

Senada, Ketua Komisi B DPRD Indramayu, TH. Beny mendukung sikap ketua Komisi D yang akan menindak lanjuti persoalan Muara Benda. Tak hanya itu, komisi yang membidangi urusan koperasi dan UKM inipun menghembuskan angin surga (janji,red) dengan cara akan melakukan pembenahan terhadap keberadaan KUD Mina Jaya agar kedepan lebih baik lagi. paparnya. IHS/JAY  
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger