' Pembangunan River Valley Tahap 2, Disoal - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pembangunan River Valley Tahap 2, Disoal

Pembangunan River Valley Tahap 2, Disoal

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 26, 2012 | 7:00 AM


KAB.BOGOR (LJ) - Aktivitas pemerataan tanah (cut and fiel) di perumahan River Valley yang berlokasi di RT 01-02/04, Kampung Cijeruk, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, diduga belum mengantongi perijinan. Hal tersebut diperkuat dengan adanya surat panggilan yang dikeluarkan Pemerintahan Kecamatan Cijeruk kepada pengembang perumahan dan pelaksana proyek.

Kasi Trantib Kecamatan Cijeruk, Arif Suradi mengatakan, pihaknya sudah melakukan teguran pertama sejak  alat berat beraktivitas dilokasi. Namun, kata dia, hingga kini pihak pengembang maupun pelaksana tidak pernah datang memenuhi panggilan pihaknya. "Surat teguran sudah dilayangkan dulu pada saat kegiatan dimulai, dan sekarang, kami kembali melayangkan surat panggilan," katanya.

Dijelaskannya, hal itu dilakukan berdasarkan surat panggilan, Rabu (26/15) dengan Nomor 300/608-Pol PP, dengan Dasar Perda Kabupaten Bogor nomor 19 tahun 2000 tentang ijin peruntukan penggunaan atas tanah.

Dasar lainnya, yakni Perda nomor 23 tahun 2000 tentang Ijin Mendirikan Bangunan dan Keputusan Bupati Bogor nomor 6 tahun 2002 tentang pendelegasian kewenangan pemerintahan dari Bupati kepada Camat, diketahui bahwa kegiatan Cut and Fill yang sudah berlangsung selama 3 bulan tersebut belum memiliki ijin.

Akibat aktivitas pengembangan pemukiman River Valley tahap kedua, areal pesawahan, pemakaman umum, serta danau penampungan mata air Gunung Salak, menjadi tumbal kegiatan.

Tak hanya itu, pemandangan eksotis dan hamparan perkebunan yang dulu asri dan indah, telah berubah menjadi hutan tembok. Bahkan, sebuah danau yang merupakan sumber mata air yang berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan air bersih warga sekitar, kini telah disulap menjadi daratan tanah merah.

Terpisah, Kepala UPT Pengawas Tata Bangunan Wilayah II Ciawi, Rudy Achdiat mengatakan, perijinan IMB perumahan River Valey tahap kedua saat ini sedang diurus. "Saat ini baru sebatas proses siteplant, dan dilokasi juga belum ada kegiatan pembunan. Kami akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pembangunannya," tandasnya. (ASP)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger