' Pembakaran Limbah di Cikarang Utara Disoal - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pembakaran Limbah di Cikarang Utara Disoal

Pembakaran Limbah di Cikarang Utara Disoal

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 26, 2012 | 7:00 AM


KAB.BEKASI (LJ) – Keberadaan lokasi pembakaran limbah di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang letaknya tidak jauh dari kantor desa setempat, dipertanyakan sejumlah pihak. Beberapa elemen masyarakat menuding, keberadaan lokasi pembakaran limbah yang mencemari udara tersebut mendapat backing dari aparat setempat.

“Asap hasil dari pembakaran limbah itu mencemari udara. Bisa jadi, lokasi pembakaran itu mendapatkan perlindungan dan backing dari aparat setempat,” ujar Ketua Umum Barisan Masyarakat Pengabdi Ketahanan Nasional (Bampeknas), Yus Amri saat diminta komentar terkait keberadaan lokasi pembakaran yang tidak mendapatkan teguran dari aparat terkait, Selasa (25/12).

Dijelaskan Yus Amri, bahaya asap dari pembakaran itu dapat merusak saluran pernafasan karena udara disekitar pembakaran itu sudah tercemar. Apalagi, jika limbah yang dibakar itu masuk dalam kategori bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Dinas lingkungan hidup harus melakukan peninjauan kembali tentang keberadaan lokasi pembakaran itu. Apakah pengusaha limbah itu sudah mengantongi perizinan atau belum. Sebab, kejahatan lingkungan hidup dapat diancam dan dijerat dengan pidana,” paparnya.

Pantauan dilokasi pembakaran, tampak asap mengepul dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Proses pembakaran itu untuk memisahkan kabel atau kawat dengan plastic. Setelah selesai dibakar, kabel atau kawat tersebut dipisahkan dan diangkut untuk dijual kepada pengepul. Sedangkan sisa pembakaran yang berbentuk gunungan hitam dari plastic dibiarkan menumpuk. Hingga berita ini terbitkan, pengusaha pembakaran limbah tersebut tidak berhasil ditemui. BRI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger