' Pemahaman Alquran Solusi Menekan Aksi Kejahatan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemahaman Alquran Solusi Menekan Aksi Kejahatan

Pemahaman Alquran Solusi Menekan Aksi Kejahatan

Written By Angga Harja S on Monday, December 10, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG (LJ) - Upaya menekan tindakan kejahatan dan kriminalitas di tengah masyarakat, dapat dilakukan melalui berbagai upaya satu diantaranya kembali ke jalan agama. Dengan mengamalkan syariat agama dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan dapat menghindarkan seseorang dari perbuatan yang merugikan banyak orang.

"Memperkuat keimanan dan taqwa kita, akan membuat seseorang takut berbuat jahat. Begitu juga dengan kejahatan korupsi, sedang sedang gencar diberantas oleh pemerintah," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Minggu (9/12).

Gubernur menegaskan, untuk mencegah aksi korupsi, Pemprov Jawa Barat berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan, diantaranya dengan meningkatkan iman dan takwa masyarakat. Sebagai satu contoh, dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kitab suci Alquran.

"Dengan semakin pahamnya kita terhadap Alquran, insya allah kita dapat terhindar dari aksi korupsi dan tentunya diimbangi oleh perkuatan keimanan ," tegas Ahmad Heryawan pada acara Silaturahmi Akbar Percikan Iman dan Launching Gerakan Wakaf 1 juta Alquran, Minggu (9/12).

Menurut dia, dengan iman yang semakin kuat, maka dapat membuat setiap individu takut melakukan satu tindakan melawan hukum termasuk melakukan korupsi. Kalau, individu tersebut sudah merasa takut maka dia senantiasa berbuat kebaikan. " korupsi mendera pejabat kita, karena keimanannya tipis akibatnya mereka mudah menggoda  untuk mengumpulkan harta dengan cara yang tidak halal," jelasnya.

Menyinggung soal pemahaman terhadap alquran, menurutnya, Alquran merupakan pedoman umat Muslim menuju jalan kebaikan. Mengingat jumlah penduduk Jabar yang mencapai 44,9 juta orang (per Juli 2012), maka dibutuhkan banyak sekali Alquran. Untuk itu, pihaknya berkerja sama dengan Majelis Percikan Iman melakukan Gerakan Wakaf 1 juta Alquran.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Percikan Iman Bandung Amiruddin mengaku pada kegiatan pengimpunan ini, Heryawan secara pribadi menyumbang sekitar 500 Alquran atau senilai Rp50 juta (harga satu unit Alquran sekitar Rp100.000). Sedangkan dari APBD Jabar 2013 sebesar Rp100 juta untuk sekitar 1.000 Alquran.

Pihaknya berharap, dalam waktu enam bulan ke depan ditargetkan sebanyak 20 juta Alquran dapat disebarkan ke seluruh wilayah Jawa Barat. Sedangkan target selanjutnya, dalam waktu satu tahun dapat tersebar sebanyak 40 juta Alquran.[FER]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger