' Pejabat Tak Mampu Gali PAD, Sebaiknya Mundur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pejabat Tak Mampu Gali PAD, Sebaiknya Mundur

Pejabat Tak Mampu Gali PAD, Sebaiknya Mundur

Written By Angga Harja S on Thursday, December 20, 2012 | 7:00 AM


SUKABUMI (LJ)-Ketidakmampuan Pemerintah dalam menggali aset daerah berdampak kepada devisitnya anggaran, salah satunya masalah pertanahan yang notabene cukup signifikan menjadi salahsatu sumber pemasukan aset daerah (PAD) bila dikelola dengan baik.
 
"Keterpurukan devisit anggaran ini, dikarenakan tidak adanya upaya pemerintah dalam melakukan penerbitan dalam masalah pertanahan didaerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," jelas Rahmat Hidayat, Kepala Desa (kades) Bantarsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, diruang kerjanya, kemarin.

Rahmat Hidayat menegaskan, masalah tidak optimalnya penggalian PAD dari sektor pertanahan, akibat lemahnya kinerja aparat yang membidangi masalah tersebut. Seperti diketahui, dari keterpurukan anggaran yang merupakan asset hidup perekonomian wilayah yang saat ini sedang devisit. "Kalau mereka tidak mampu dalam meningkatkann asset PAD tersebut silahkan mundur saja, ganti oleh  orang lain," tegas Rahmat Hidayat alias Anyod.

Menurut data, dari 2936 hektar tanah pajak, diketahui hanya 535 saja yang berhasil digarap pajaknya. Artinya, petugas penagih pajak tanah, tidak mampu menyerap pemasukan pajak hingga angka 50 persen.Hal yang memprihatinkan, instansi yang menangani masalah tanah negara, belum mencatatkan secara resmi tanah seluas 241 hektar. "Sejauh ini, tanah seluas 241 hektar belum diketahui siapa pemiliknya. Sungguh sangat disesalkan, kenapa sampai begini jadinya," jelas sumber di pemerintahan Kabupaten Sukabumi. ADE/NES






Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger