' LP Cianjur Sita Puluhan Hp dari Para Napi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » LP Cianjur Sita Puluhan Hp dari Para Napi

LP Cianjur Sita Puluhan Hp dari Para Napi

Written By Angga Harja S on Thursday, December 6, 2012 | 7:00 AM

CIANJUR (LJ)- Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Cianjur memusnahkan sebanyak 67 buah hand phone (HP) hasil Lembaga penyitaan dari narapidana (napi) selama 2012, Rabu (5/11).

Pemusnahan dilakukan di LP Kelas II Cianjur di Jalan Aria Cikondang, dihadiri Kapolres Cianjur AKBP Agustri Heryanto, Ketua MUI Kabupaten Cianjur KH R Abdul Halim, serta tamu undangan lainnya. Dugaan kuat, HP yang dimiliki para napi itu diselundupkan para pembesuk dengan berbagai cara.

Kepala LP Kelas II Cianjur Tri Saptono Sambudji mengatakan pihaknya tidak henti-hentinya memerangi berbagai dugaan penyelundupan, tidak hanya HP, tapi juga narkoba, sehingga napi di LP Cianjur bebas HP dan narkoba. Upaya itu berhasil dengan dirampasnya sebanyak 67 unit HP.

"Selama Januari sampai akhir November 2012, kami berhasil menyita sebanyak 67 buah handphone, 12 kartu telepon, serta 1 buah memori card, dari hasil penggeledahan ke setiap narapidana," jelas Tri, Rabu (5/12).

Tri menuturkan, razia kepemilikan HP di LP Cianjur rutin digelar sebagai upaya penertiban terhadap para narapidana. Sebab sesuai aturan, setiap narapidana tidak diperbolehkan memiliki atau menyimpannya. "Pihaknya tidak akan segan menolelir narapidana yang kedapatan menyimpan atau memiliki handphone selama berada dalam pembinaan di LP Cianjur. Karena itu, yang kedapatan menyimpannya akan dikenakan sanksi sesuai aturan berlaku, seperti dicabut hak mendapatkan remisi," katanya.

Deden mengaku, sudah memperingatkan kepada setiap pembesuk maupun para napi bahwa barang-barang elektornik, misalnya HP, tidak diperbolehkan masuk ke dalam blok. Rupanya berbagai cara ditempuh untuk memiliki HP agar bisa berkomunikasi dengan pihak luar.

"Kita akan lebih memperketat pemeriksaan kepada setiap pembesuk. Hal tersebut untuk mengantisipasi dan mencegah para pembesuk membawa barang-barang yang dilarang dibawa masuk ke dalam blok. Walaupun sudah sangat ketat seperti itu, terkadang masih ada juga lolos karena mereka menggunakan berbagai macam cara. Mungkin saja nanti akan kita gunakan mesin detektor," ucap dia.

Kapolres Cianjur AKBP Agustri Heryanto mengatakan, pihaknya siap menegakan aturan hukum dan mengamankan wilayah Cianjur sebagai upaya menciptakan kondusivitas. Tentunya, kata Agustri, upaya itu perlu dukungan semua pihak, termasuk jajaran LP Cianjur."Mudah-mudahan tidak hanya razia HP saja yang digelar, tapi juga narkoba. Kita siap membantu LP Cianjur," tegasnya. (RUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger