' Ketua PHRI: Sambut Tahun Baru Pesanan Hotel di Puncak Baru 30% - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ketua PHRI: Sambut Tahun Baru Pesanan Hotel di Puncak Baru 30%

Ketua PHRI: Sambut Tahun Baru Pesanan Hotel di Puncak Baru 30%

Written By lingkar jabar on Monday, December 3, 2012 | 7:00 AM


KAB.BOGOR (LJ) - Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Agus Candara Bayu menilai, mendekati acara pergantian tahun masehi (Tahun Baru), tingkat pemesanan kamar untuk hotel di Puncak baru 30%, jadi masih ada peluang bagi masyarakat yang ingin menghabiskan dan merayakan Tahun Baru bersama keluarga maupun teman.

Minimnya pemesanan hotel itu disampaikan Agus Candra Bayu ke LINGKAR JABAR melalui seluler kemarin. Saat ini tingkat pemesanan hunian untuk malam tahun baru, baru 30 %, belum ada peningkatan yang signifikan”. Agus tidak merinci lebih jauh tentang minimnya pesanan hotel untuk tahun baru kali ini.

Disisi lain, beberapa pimpinan hotel yang di temui LINGKAR JABAR mengatakan, bahwa tingkat hunian di hotelnya sudah mencapai 80-90%. Padahal tahun baru masih satu bulan lagi. Menurut mereka, untuk pemesanan tahun baru kali ini, terjadi peningkatan pemesanan kamar di bandingkan waktu yang sama untuk tahun kemarin.” Tahun kemarin satu bulan sebelum tahun baru, tingkat pemesanan kamar Cuma 60%, untuk tahun ini (2012), dengan bulan yang sama di hotel kami sudah mencapai 90%,” ungkap Rustansyah, marketing hotel Griya Astoeti di temui di ruang kerjanya.

Rustansyah menambahkan, khusus untuk Hotel Griya Astoeti yang lokasinya jauh dari jalan raya, pemesanan hingga 90% itu sudah sejak bulan Oktober kemarin. “ prediksi saya, untuk hotel-hotel yang berada di sepanjang jalur jalan raya, pasti tidak jauh beda,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kenaikan tarif kamar, rata-rata mencapai 40% dari harga normal. Tidak ada kebijakan khusus dari pihak PHRI terkait kenaikan tariff kamar menjelang tahun baru. Agus, selaku ketua PHRI menyerahkan kenaikan tarif kamar itu pada kebijakan masing-masing hotel.

Lain hotel lain pula dengan Villa, dari pantauan dilapangan, saat menemui beberapa penunggu villa, rata-rata untuk tahun baru sudah ada booking semua. Tarifnya pun dengan system paket 2 hari 2 malam, dengan kenaikan diatas 100% dari tarif hari biasa.

Salah satu calon pengunjung tahun baru yang sedang mencari villa untuk merayakan Tahun baru di Puncak mengaku sudah sangat sulit untuk bisa memilih villa yang di inginkan. “ semua hampir sudah ada yang pesan mas, terpaksa kami dapat villa yang lokasinya jauh dari jalan raya” kata Tony, warga bekasi saat di temui Lingkar Jabar di depan Pafesta, Cisarua.

Untuk libur natal dan tahun baru, biasanya tingkat kunjungan wisatawan di puncak sangat tinggi. Kadang melebihi libur lebaran. Hal itu mengakibatkan harga sewa kamar/villa nyapun lebih tinggi di banding libur lebaran. Kemacetan terjadi dimana-mana. Bahkan menjelang tahun baru, pihak aparat kepolisian terpaksa harus menutup akses kendaraan yang mau masuk ke puncak pada jam-jam tertentu. (YUS)





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger