' Kesbangpolinmas Indramayu Verifikasi Data Ormas dan LSM - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kesbangpolinmas Indramayu Verifikasi Data Ormas dan LSM

Kesbangpolinmas Indramayu Verifikasi Data Ormas dan LSM

Written By Angga Harja S on Tuesday, December 4, 2012 | 7:00 AM

INDRAMAYU (LJ) – Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Indramayu  melakukan verifikasi data organisasi masyarakat (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan yayasan. Sebanyak 274 organisasi di Bumi Wiaralodra Verifikasi data ormas tersebut dilakukan dalam rangka upaya pemkab untuk  meneliti dan akurasi data terhadap ormas, yayasan LSM yang berkembang saat ini.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Indramayu, H. Kamud melalui stafnya, Winaya mengungkapkan, verifikasi data ini dilakukan lantaran ada perintah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar daerah membuat database ormas, LSM dan yayasan. Hasil verifikasi data ormas ini nantinya, seluruh ormas tersebut harus meiliki kepengurusan ditingkat kecamatan separuh dari kepengurusan di kabupaten pada 2013.

“Sebenarnya ormas, LSM dan yayasan yang tercatat di Kesbangpolinmas Indramayu cukup banyak dan jumlahnya mencapai ratusan organisasi lebih. Jumlah Ormas sebanyak 71 , LSM sebanyak 71 dan organisasi profesi sebanyak 87 serta yayasan 27  yang terdaftar di Kesbangpolinmas. Keberadaan ormas ini perlu diperjelas, karena beberapa ormas di Indramayu ada yang sudah ganti pengurus, ada yang mati suri, ada yang bubar dan ada yang tidak aktif bahkan pindah alamat secretariat,” ujarnya kepada LINGKAR JABAR.

Menurut Winaya, mestinya pengurus ormas, LSM dan yayasan itu aktif menyampaikan perkembangan organisasi setiap tahun, sehingga Kesbangpollinmas bisa memantau. Sementara mayoritas ormas tidak pernah melaporkan perkembangan organisasi mereka ke Kesbangpolinmas. "Makanya, kami membutuhkan data yang jelas," ungkapnya.

Selama ini, kata dia, banyak LSM atau ormas yang belum terdaftar di Kesbangpollinmas. Akan tetapi LSM/ormas itu, aktif mengritisi kebijakan pemerintah.

Pihaknya berharap, semoga verifikasi yang berlangsung awal Desember ini dapat diikuti dengan baik sesuai harapan. Dengan begitu, keberadaan ormas di Kabupaten Indramayu dapat dipantau secara utuh.

"Kami persilahkan kepada pengurus Ormas untuk mengambil formulir di Kantor Kesbang, dan bagi yang baru berdiri agar melengkapi beberapa persyaratan, salah satunya akte pendirian, susunan pengurus, alamat sekretariat dan beberapa persyaratan lain. Untuk jelasnya bisa menghubungi kami,” pungkas Winaya. IHS/JAN

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger