' Kasus Mamin Gate Kejati Didesak Jadikan Bupati Cianjur Tersangka - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kasus Mamin Gate Kejati Didesak Jadikan Bupati Cianjur Tersangka

Kasus Mamin Gate Kejati Didesak Jadikan Bupati Cianjur Tersangka

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 12, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Bupati Cianjur Tjejep Mochtar Saleh menjadi salah satu dari sejumlah kepala daerah di Jabar yang mengalami permasalahan serius karena dugaan terlibat dalam kasus korupsi. Hal itu mencuat ketika puluhan orang yang mengatasnamakan organisasi sipil masyarakat anti korupsi Dewan Kota dan Inside Kabupaten menggelar aksi di depan Pengadilan Tipikor Bandung, Selasa (11/12). Mereka mempersoalkan lambannya penegak hukum dalam menjerat Tjejep terkait kasus mamin gate.

Dalam aksinya mereka mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan 'Segera Tetapkan Bupati Cianjur Sebagai Tersangka Mamin Gate' dan disampingnya foto Bupati Cianjur yang diberi tanda silang. Tak hanya itu, para demonstran juga membakar ban bekas. Dalam orasinya, massa menuntut Kejagung dan Kejati Jabar segera menetapkan Bupati Cianjur, istrinya-Yana dan anaknya-IRM, segera ditetapkan sebagai tersangka sesuai dengan fakta yang terungkap di persidangan dan fakta hukum terkait.

"Selain itu kami meminta majelis hakim Tipikor yang menanganai kasus perkara mamin gate dan Dispenda Cianjur agar melaksanakan proses persidangan sesuai dengan undang-undang," papar Ketua Presidium Dewan Kota, Dian Rahadian. Selain itu, Dian menyayangkan, Bupati Cianjur yang masih melenggang bebas hingga saat ini. Bahkan, awal pekan ini sempat melakukan resepsi pernikahan besar-besaran.

Padahal, pihak kejati dan KPK sudah menggelar ekspos yang membuktikan kalau yang bersangkutan sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai tersangka. "Kita juga menuntut agar persidangan hari ini yang akan menghadirkan saksi istri Bupati, Yana Rosdiana, Majelis Hakim bertindak profesional, jangan sampai mencla-mencle" tandasnya.

Bersamaan dengan aksi demo, Pengadilan Tipikor pada PN Bandung menggelar kasus persidangan terhadap terdakwa kasus mamin gate dan dispenda, yakni Heri Khaeruman dan Edi Iryana dengan agenda saksi. Namun, Yana Rosdiana, istri Bupati Cianjur, batal hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan korupsi makan minum (Mamin Gate) Kabupaten Cianjur. Dari empat saksi yang dipanggil, hanya Yana saja yang mangkir dan tak ada alasan jelas.

Empat saksi yang dipanggil yaitu Sarip, Aat Suhendar, Dasep dan Yana. Mereka dimintai keterangan untuk dua terdakwa dalam perkara ini, yaitu Edi Iriana dan Heri Khaeruman. Nomor surat panggilan untuk Yana yaitu B.53/O.2.18/Ft.1/12/2012 yang ditandatangani oleh Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Cianjur.

Namun hingga sidang yang dipimpin majelis hakim Setiabudi Teojcahyono di ruang sidang III berakhir, tak terlihat tanda-tanda kedatangan Yana. Terkait hal itu, Kasubag Bantuan Hukum Pemkab Cianjur Irvan Sofyan kepada wartawan mengaku dirinya baru mengetahui adanya surat panggilan untuk Yana hari ini. "Saya baru tahu hari ini. Saya enggak tahu kalau enggak datang alasannya apa," katanya singkat. RUS/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger