' Ical Sambangi Petani Bawang Cirebon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Ical Sambangi Petani Bawang Cirebon

Ical Sambangi Petani Bawang Cirebon

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 5, 2012 | 7:00 AM


KAB.CIREBON (LJ) - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) kunjungi lokasi sentra petani bawang di Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Selasa (04/12). Mertua artis Nia Ramadhani itu datang didampingi Ketua DPP AMPI, Dave Akbarsyah Fikarno, Ketua DPW Golkar Jabar yang juga calon Gubernur Jawa Barat, Irianto MS Syafiudin (Kang Yance), Ketua DPC Golkar Ason Sukasa, Ketua DPC AMPI Kabupaten Cirebon, Edi Mulyadi dan disambut ketua Dewan Bawang Nasional (Debnas) H. Narto.

Dalam kunjungannya Ical sempat berdialog dengan para petani. Mereka mengeluh tentang kondisi harga bawang yang sangat fluktuatif dan cenderung berada di bawah angka yang sangat merugikan para petani serta keluhan tentang belum adanya perbankan yang bisa menyalurkan kredit untuk para petani bawang.

Menurut salah satu petani, Suryadi mengungkapkan, harga jual bawang dari para petani akan berada pada level aman jika berada pada kisaran harga Rp 10.000 perkilogramnya. Akan tetapi pada musim tanam dua tahun berjalan ini selalu berada pada angka dibawah Rp 5.000. “Meskipun kualitas hasil tanam bawang cukup baik, sehingga bukan keuntungan yang didapatkan akan tetapi kerugian selalu menimpa para petani bawang,” ungkapnya.

Meski diakui dirinya, saat sekarang ini harga bawang sudah berada pada angka yang cukup menggembirakan yakni dikisaran Rp 10.000 akan tetapi kondisi permodalan para petani bawang sudah kehabisan modal karena dihantam kerugian masa tanam selama dua tahun tersebut.

“Bank sebagai penyalur kredit juga dirasakan belum bisa menyentuh petani secara langsung hingga banyak petani saat ini berhenti menanam bawang,” keluhnya. Dirinya berharap kedatangan orang nomor satu di Golkar tersebut menjadikan sebuah obat dari keterpurukan para petani bawang.

Sementara itu, Ical sangat memahami kondisi petani bawang sewaktu dirinya menjabat sebagai Menteri Kesejahteraan Rakyat. Untuk itu Ia berjanji akan mengupayakan apa yang menjadi keluhan para petani tersebut.
“Harga bawang dipertahankan pada angka Rp 10.000, dengan cara menurunkan impor bawang terutama pada saat musim panen bahkan bila perlu menghentikannya jika hal tersebut mempengaruhi harga bawang turun drastic. Juga perlu dibangun Coach Storage atau gudang penyimpanan bawang untuk menyimpan bawang para petani saat harga bawang sedang mengalami penurunan dibawah standar,” ujar Ical kepada LINGKAR JABAR.

Sedangkan terkait permodalan, Ical mengupayakan kepada kementrian dan juga perbankan untuk dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani bawang, agar para petani bisa merasakan kredit dengan suku bunga rendah dan tidak terlilit oleh para lintah darat dalam mencari modal untuk menanam bawang kembali.

Usai berdialog dengan para petani, Ical bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju SMK Yasmi Gebang yang berada di Desa Melakasari Kecamatan Gebang Kab. Cirebon. Rombongan disambut langsung kepala sekolah yang juga sebagai Ketua Yayasan H. Maramis Roses.

Dalam kunjungannya tersebut Ical didaulat untuk memberikan pencerahan dan motifasi dengan tema "Meraih Sukses Kehidupan Masa Depan" dihadapan sekitar 600 siswa siswi SMK Yasmi dan para guru, selain itu juga Ical memberikan 5 buah laptop untuk menunjang belajar siswa kepada 2 siswa teladan, pengurus OSIS dan hadiah bagi dua siswa yang mempunyai tanggal lahir sesuai hari kunjungan dirinya dan juga hari ulang tahun Partai Golkar, serta novel dan buku yang berisi kumpulan pidato Ical selama menjabat menjadi Menteri Perekonomian dan Menteri Kesejahteraan Rakyat. GYO/IR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger