' Hujan dan Banjir, Munculkan Ancaman Penyakit Leptospirosis - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Hujan dan Banjir, Munculkan Ancaman Penyakit Leptospirosis

Hujan dan Banjir, Munculkan Ancaman Penyakit Leptospirosis

Written By Angga Harja S on Thursday, December 27, 2012 | 7:00 AM


KAB.BANDUNG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Ahmad Kustijadi mengungkapkan, di musim penghujan saat ini, masyarakat dituntut agar lebih mewaspadai penyakit Leptospirosis. Dikatakan Kustijadi, Leptospirosis berkembang akibat kencing tikus.

"Air kencing tikus yang bercampur dengan luapan banjir dapat menyebabkan seseorang terjangkit Leptospirosis. Dan itu sangat mudah menjangkiti masyarakat karena bercampur air banjir," kata Kustijadi yang dihubungi wartawan melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (26/12).

Sebagai langkah antisipasi, Kustijadi mengatakan pihaknya telah berkordinasi dengan jajaran puskesmas agar meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penyakit menular tersebut. Namun begitu, hingga saat ini, pihaknya belum menemukan atau mendapatkan laporan satupun warga yang terjangkit Leptospirosis.

"Sejauh ini, kami belum menemukan masyarakat yang terkena leptopirosis. Kami juga telah meminta setiap puskesmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penyakit menular di masyarakat khususnya leptospirosis, agar tidak menjadi kejadian luar biasa," ucapnya.

Disinggung mengenai penyakit lainnya di musim penghujan, dia mengatakan, saat ini penyakit yang diderita masyarakat pada umumnya adalah demam, batuk, flu dan gatal-gatal. Untuk itu pihaknya mengimbau, masyarakat untuk lebih membiasakan diri menjaga pola hidup sehat dengan cara menjaga kondisi sekitar.

"Penyakit musim hujan ini rata-rata demam, batuk, flu dan penyakit gatal. Namun kami belum memastikan datanya secara keseluruhan, karena masih dalam tahap pendataan di lapangan. Kami hanya bisa mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh," imbuhnya. GUS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger