' Duta Museum Jabar Harus Promosikan 30 Museum di Jawa Barat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Duta Museum Jabar Harus Promosikan 30 Museum di Jawa Barat

Duta Museum Jabar Harus Promosikan 30 Museum di Jawa Barat

Written By Angga Harja S on Friday, December 14, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Duta Museum untuk Jawa Barat Kiki Rizki Kurniawan dan Muhammad Nathan Kamulyan siap untuk mempromosikan 30 museum yang ada di Jawa Barat ke masyarakat. Keduanya baru terpilih diajang Pemilihan Duta Museum 2012 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Jenderal Pelestarian, Cagar Budaya dan Permuseuman, pada akhir November 2012 lalu di Jakarta.

Kepala Seksi Evaluasi Direktorat Jenderal Pelestarian, Cagar Budaya dan Permuseuman di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dewi Puspaningrum mengharapkan Duta Museum berasal dari Jawa Barat mendapat dukungan dari masyarakat provinsinya masing-masing.

"Pemilihan Duta Museum sudah ada pada tahun 2011 kemarin, tapi tahun (2011) lalu hanya memilih seorang duta dari publik figur menjadi duta museum untuk semua museum di Indonesia dan tahun ini sengaja menetapkan Duta Museum dari masing-masing provinsi,” ujar Dewi di sela acara Sosialisasi Duta Museum di 33 Provinsi, di Hotel Newton, Jalan RE Martadinata Kota Bandung.

Pemilihan Duta Museum langsung dari kalangan muda di masing-masing daerah atau provinsi menurut Dewi, diharapkan dapat memacu kalangan generasi muda lebih aktif menjadi generasi yang cinta museum. Selain itu duta museum diharapkan lebih dapat berkomunikasi langsung dengan rekan-rekan seusianya.

Program Duta Museum, menurut Dewi adalah bagian dari program Gerakan Nasional Cinta Museum. “Intinya melakukan revitalisasi museum, mulai dari melakukan perbaikan fisik, manajemen, program, jaringan, kebijakan dan pencitraan. Dan adanya duta museum ini merupakan bagian dari pencitraan," ujar Dewi.

Sementara Kepala Museum Sri Baduga, Dra. Ani Ismarini, menyambut baik dengan adanya duta museum khusus untuk provinsi. "Kami berharap dengan adanya duta museum khusus untuk museum-museum di provinsi, promosi kepada masyarakat tentang cinta museum akan lebih baik lagi," ujar Ani.

Duta Museum Jawa Barat 2012, Kiki Rizki Kurniawan dan Muhammad Nathan Kamulyan mengatakan siap mempromosikan museum-museum yang ada di Jabar. Keduanya saat ini tercatat sebagai mahasiswa UPI Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, jurusan Manajemen Resort and Leisure, angkatan 2008.

Diungkapkan Kiki, pandangan masyarakat terhadap museum masih menganggap sebagai tempat yang seram dan tidak menarik perlu ada upaya untuk mengubahnya baik dari pihak pengelola maupun upaya promosi. "Museum harus menjadi tempat yang menari buat anak muda dan kalangan orang tua untuk mengajak anak-anaknya berwisata di waktu libur," ujar Kiki.(PRC/ANG)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger