' Dodi, "Untuk Kenyamanan Wisatawan" Jalan ke Gua Pawon Dipasangi PJU - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dodi, "Untuk Kenyamanan Wisatawan" Jalan ke Gua Pawon Dipasangi PJU

Dodi, "Untuk Kenyamanan Wisatawan" Jalan ke Gua Pawon Dipasangi PJU

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 26, 2012 | 7:00 AM


BATUJAJAR - Setelah merampungkan akses jalan menuju objek wisata Gua Pawon di Kampung Mekarwangi, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Pemkab Bandung Barat kini berencana menerangi jalan tersebut dengan penerangan jalan umum (PJU). Hal itu penting lantaran selama ini suasana di lokasi itu sejak sore hingga malam hari gelap gulita.

"Kita memang telah merencanakan akan membangun PJU, tapi mungkin tidak sekarang karena belum masuk dalam DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) tahun ini. Insya Allah pada 2013 setelah turun APBD, kita alokasikan untuk PJU," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan KBB, Dodi Sopiandi di Batujajar, Rabu (19/12).

Dodi mengakui, di lokasi tersebut tidak ada fasilitas PJU. Kondisi itu sempat dikeluhkan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung. "Kalau ada wisatawan yang pulang sore atau pencinta alam yang datang malam, mereka mengaku tidak nyaman karena jalan ke Gua Pawon gelap gulita," katanya.

Menurutnya, seharusnya Gua Pawon dilengkapi fasilitas yang membuat nyaman wisatawan, salah satunya dengan menerangi jalan. "Kita bertahan saja dulu, karena anggaran belum ada. Sementara kita perbaiki jalan yang rusak dan kini sudah mulus. Peningkatan fasilitas di situs Gua Pawon juga mencakup pemasangan paving block di pelataran gua sehingga tidak lagi becek dan kumuh," sebutnya.

Selain itu, lanjut Dodi, bangunan gazebo sudah selesai dibangun sehingga pengunjung lebih nyaman mengunjungi Gua Pawon yang sarana prasarananya direvitalisasi Pemprov Jabar. "Sedikitnya perlu sekitar 24 titik PJU dari mulai jalan masuk sampai ke Gua Pawon supaya kawasan wisata ini terang benderang dan diminati wisatawan," katanya.

Prioritas pembangunan

Dijelaskan, Pemkab Bandung Barat bekerja sama dengan Pemprov Jabar terus berupaya meningkatkan minat masyarakat menuju situs purbakala Gua Pawon. Untuk memperbaiki akses jalan menuju situs tersebut dikucurkan anggaran Rp 2,64 miliar yang merupakan bantuan dari Gubernur Jabar, sehingga jalan tersebut menjadi ngageleser.

Dodi menerangkan, dana sebesar itu digunakan untuk perbaikan jalan sepanjang 1,3 km dengan lebar antara 3,5-4 m, 3 unit jembatan, drainase 700 m, 4 unit pelat beton ukuran 4x5 m serta 4 unit tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 230 m dengan tinggi 1,2 m.

"Perbaikan jalan menuju situs ini diharapkan bisa lebih meningkatkan aksebilitas masyarakat menuju objek wisata yang telah menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemprov Jabar. Jadi kita patut bersyukur dan masyarakat harus bisa memelihara sarana yang telah tersedia serta senantiasa mendukung berbagai program pemerintah," kata Dodi.

Dijelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Budaya dan Pariwisata Jabar pernah mengusulkan kepada UNESCO agar Gua Pawon dijadikan cagar alam warisan dunia. Bila situs yang terletak di kawasan bukit kapur di Bandung Barat itu menjadi cagar alam warisan dunia, maka lokasi itu akan menjadi cagar alam internasional.

"Kita tentunya menyambut baik usulan tersebut. Makanya ada beberapa keuntungan antara lain bersifat bantuan dana, promosi hingga bentuk lainnya, dan yang jelas mendapat dukungan untuk menyelamatkan situs-situs di lokasi tersebut agar terhindar dari kerusakan," ujarnya. Dispar
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger