' Diani Serahkan DAKK Kepada KPU Kota Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Diani Serahkan DAKK Kepada KPU Kota Bogor

Diani Serahkan DAKK Kepada KPU Kota Bogor

Written By Angga Harja S on Friday, December 7, 2012 | 7:00 AM




BOGOR (LJ) - Walikota Bogor Diani Budiarto menyerahkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAKK) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Agus Teguh Suryaman. Penyerahan berlangsung di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, Jalan IR Juanda 10 Bogor, Kamis (6/12).

Data kependudukan tersebut diserahkan dalam bentuk piringan cakram atau Compact Disk (CD). Penyerahan DAK2 ini dilakukan secara serempak di 33 Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Penyerahan DAKK ini merupakan tahapan mendasar dalam tahap Pemilu DPR, DPD dan DPRD.

DAKK tersebut, selanjutnya akan digunakan oleh KPU Kota Bogor sebagai bahan untuk menyusun Daerah Pemilihan (Dapil) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dalam Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 nanti.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor Rafinus Sukri mengatakan proses penyerahan DAKK ini merupakan amanat UU No. 8 tahun 2012 yang memerintahkan data tersebut sudah tersedia 16 bulan sebelum pemilu. “DAKK bersumber dari database kependudukan yang berintegrasi dengan database e-KTP. Bila ada perbedaan akan disinkronisasikan dalam jangka waktu dua bulan ke depan,” ujar Rafinus.

Tercatat DAKK yang diserahkan terdapat selisih jumlah penduduk Kota Bogor. Data DAKK mencatat adanya jumlah penduduk sebesar 802.862. “Data kita berbeda sekitar 160 ribuan (lebih banyak). Ini perlu diselesaikan. Jangan sampai ke depan jadi masalah,” kata Diani.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang dibacakan oleh Walikota Bogor Diani Budiarto mengatakan bahwa data DAKK bersumber dari database kependudukan yang sudah dimuktahirkan oleh Kabupaten/Kota melalui Disdukcapil hingga tanggal 20 November 2012. Juga hasil perekaman e-KTP hingga tanggal 26 November 2012 oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI. ALI


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger